Kompas.com - 06/09/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Ciri-ciri diabetes pada pria sedikit berbeda dari wanita. Hal itu dipengaruhi efek diabetes yang memengaruhi kadar hormon testosteron pria.

Perlu diketahui, diabetes adalah penyakit gula darah tinggi kronis karena tubuh kekurangan hormon insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Penyakit ini lebih rentan dialami pria ketimbang wanita. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa gejala diabetes pada pria yang khas.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Diabetes yang Pantang Disepelekan

Ciri-ciri diabetes pada pria

Ada beberapa tanda diabetes pada pria yang khas dan tidak dirasakan penderita wanita, antara lain:

  • Disfungsi ereksi

Dilansir dari Healthline, gejala diabetes pada pria dapat memengaruhi kesehatan seksual seperti disfungsi ereksi. Penyakit ini bisa menyebabkan pria susah mencapai dan mempertahankan ereksi.

Studi meta-analisis dari 145 penelitian menunjukkan, lebih dari 50 persen penderita diabetes pria mengeluhkan disfungsi ereksi.

  • Susah mengontrol kencing

Penyakit diabetes juga bisa merusak sistem saraf otonom yang mengontrol pelebaran atau penyempitan pembuluh darah.

Apabila kerusakan terjadi di organ reproduksi, penderita tak hanya mengalami disfungsi ereksi tapi juga bisa susah mengontrol kencing, jadi sesekali mengompol.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda, Waspadai Sering Kencing dan Haus

  • Air mani sedikit

Penderita diabetes pria juga bisa mengalami gejala air mani yang keluar lebih sedikit dari biasanya saat ejakulasi. Kondisi ini disebabkan sebagian air mani yang seharusnya keluar lewat penis justru memasuki kandung kemih.

  • Infeksi jamur berulang

Ciri-ciri diabetes pada pria yang pantang disepelekan lainnya yakni infeksi jamur berulang. Dilansir dari WebMD, kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi memicu pertumbuhan jamur berlebihan.

  • Otot lemah dan lemas

Penderita diabetes pria juga lebih rentan mengalami kelemahan atau berkurangnya kekuatan otot. Kondisi ini dipengaruhi penurunan massa otot karena diabetes. Peningkatan gula darah kronis menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Diabetes pada Anak, Orangtua Perlu Waspada

Ciri-ciri diabetes yang umum

Selain tanda diabetes pada pria di atas, penderita biasanya juga merasakan gejala diabetes yang umum dialami pria maupun wanita. Dilansir dari MedicineNet, beberapa tandanya antara lain:

  • Sering kencing
  • Badan lelah padahal sudah cukup istirahat
  • Pandangan kabur
  • Berat badan turun tanpa perubahan diet dan olahraga
  • Sering kesemutan dan mati rasa, terutama di kaki dan tangan

Waspadai beberapa ciri-ciri diabetes pada pria di atas. Terutama jika pria termasuk kelompok berisiko terkena penyakit ini, seperti berat badan berlebih, perut buncit, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang gerak, merokok, kurang tidur, dan pola makan tidak sehat.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Diabetes pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.