Kompas.com - 05/09/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Varikokel adalah kondisi ketika pembuluh darah vena pada skrotum atau kantong testis membesar atau melebar.

Dilansir dari laman Ikatan Ahli Urologi Indonesia, varikokel mirip penyakit varises yang muncul saat pembuluh darah di kaki melebar.

Untuk meningkatkan kewaspdaan pada masalah kesehatan ini, kenali penyebab varikokel dan faktor risikonya.

Baca juga: Kenali Apa itu Varikokel, Varises di Kantong Testis Pria

Penyebab varikokel

Dilansir dari UCLAHealth, penyebab varikokel kemungkinan besar berasal dari kerusakan katup pembuluh darah di dalam skrotum.

Dalam kondisi normal, katum ini mengatur aliran darah dari dan menuju testis. Ketika ada gangguan katup, aliran darah berbalik dan menyebabkan pembuluh darah setempat melebar.

Varikokel biasanya terjadi di sebelah kiri. Hal itu disebabkan struktur pembuluh darah vena skrotum lebih rentan terhimpit pembuluh darah lain dan tekanan di dalamnya lebih besar.

Namun, ada juga kasus varikokel yang muncul di sebelah kanan atau kedua sisi testis.

Baca juga: Kenali 3 Stadium Varikokel Ringan, Sedang, dan Berat

Faktor risiko varikokel

Ada beberapa faktor pemicu gangguan katup pembuluh darah di skrotum dan meningkatkan tekanan pembuluh darah di kantong buah zakar penyebab varikokel, antara lain:

  • Pembentukan gumpalan darah atau trombosis vena
  • Kelainan bentuk pembuluh darah
  • Penyakit tumor ginjal

Di luar penyakit di atas, varikokel biasanya terjadi selama masa pubertas. Kondisi ini dipengaruhi pertumbuhan testis yang pesat dan membutuhkan banyak darah.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Varikokel, dari Obat sampai Operasi

Gejala varikokel

Ada beberapa gejala varikokel yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Area sekitar testis atau buah zakar terasa tidak nyaman dan nyeri, terutama saat banyak beraktivitas, kelelahan, atau banyak berdiri
  • Teraba atau terlihat benjolan pembuluh darah yang melebar di skrotum
  • Masalah kesuburan pada pria

Setelah menyimak penjelasan penyebab varikokel dan faktor risikonya, pastikan pria mewaspadai gejala varikokel di atas. Terutama jika pria termasuk kelompok berisiko mengalami masalah kesehatan ini.

Baca juga: Apakah Varikokel Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.