Kompas.com - 05/09/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Diabetes pada ibu hamil atau diabetes gestasional adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.

Pasalnya, penyakit gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ini bisa meningkatkan berat badan bayi, meningkatkan risiko bayi lahir prematur, membuat bayi lebih berisiko terkena obesitas dan diabetes, dan preeklamsia pada ibu hamil.

Mengingat bahaya diabetes gestasional, ada baiknya Anda mengenali ciri-ciri diabates pada ibu hamil agar masalah kesehatan ini bisa diantisipasi.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Diabetes yang Pantang Disepelekan

Ciri-ciri diabetes pada ibu hamil

Terdapat beberapa ciri-ciri diabetes pada ibu hamil yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Sering kencing

Dilansir dari WhattoExpect, di awal dan akhir kehamilan, calon ibu biasanya sering kencing. Tapi, ibu hamil perlu waspada jika kondisi ini terjadi terus menerus sepanjang kehamilan.

  • Haus terus-menerus

Ibu hamil juga perlu waspada jika sering haus padahal sudah cukup minum dan cuaca tidak sedang panas. Kondisi ini dipengaruhi banyaknya cairan yang keluar dari tubuh karena sering kencing akibat kadar gula darah tinggi.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda, Waspadai Sering Kencing dan Haus

  • Kelelahan yang tidak biasa

Banyak ibu hamil merasa badannya sering lelah. Tapi waspadai kelelahan berlebihan ciri-ciri diabetes gestasional. Kondisi ini dipengaruhi metabolisme gula di dalam tubuh yang tidak normal.

  • Infeksi jamur berulang

Dilansir dari BetterHealth, ciri-ciri diabetes pada ibu hamil lainnya yakni infeksi jamur berulang.

Ibu hamil perlu waspada dan periksa ke dokter jika mengalami keputihan yang kental, vagina gatal dan kemerahan, serta rasa panas saat buang air kecil. Terlebih jika kondisi ini terjadi lebih dari sekali.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Diabetes pada Anak, Orangtua Perlu Waspada

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.