Kompas.com - 03/09/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Diabetes pada anak adalah penyakit kronis yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Dilansir dari Royal Children’s Hospital Melbourne, diabetes terjadi ketika proses metabolisme gula atau glukosa di dalam tubuh terganggu.

Kondisi ini disebabkan tubuh kekurangan hormon insulin atau tubuh tidak mampu merespons hormon insulin yang bertugas mengontrol gula darah.

Baca juga: Penyebab Diabetes pada Anak dan Cara Mencegahnya

Jenis diabetes pada anak yang paling sering adalah diabetes tipe 1 karena faktor genetik dan autoimun.

Selain itu, ada juga jenis diabetes tipe 2 karena kegemukan, pola makan tidak seimbang, sampai gaya hidup tidak sehat.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa ciri-ciri diabetes pada anak yang pantang disepelekan berikut.

Ciri-ciri diabetes pada anak

Terdapat beberapa gejala diabetes pada anak yang penting diperhatikan para orangtua, antara lain:

  • Banyak minum

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, anak penderita diabetes biasanya merasakan haus terus-menerus dan ingin banyak minum. Kondisi ini disebabkan tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin.

  • Sering kencing

Imbas dari banyak minum juga menyebabkan anak sering kencing atau mengompol, terutama di malam hari. Kondisi ini turut dipengaruhi penyakit yang menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap cairan.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Diabetes yang Pantang Disepelekan

  • Banyak makan

Tanda diabetes pada anak yang tak boleh disepelekan lainnya yakni anak jadi lapar terus-menerus padahal sudah cukup makan. Peningkatan nafsu makan ini dipengaruhi kadar insulin yang tidak memadai, sehingga gula tidak dapat diubah menjadi energi.

  • Berat badan turun secara tiba-tiba

Meskipun penderita diabetes anak banyak makan, tapi bobot tubuhnya tidak bertambah. Justru, penderita diabetes mengalami penurunan berat badan secara signifikan dalam waktu dua sampai enam minggu. Kondisi ini dipengaruhi ketidakmampuan tubuh dalam menyerap gula darah, sehingga jaringan otot dan lemak menyusut.

  • Mudah lelah dan rewel

Gejala pada anak lainnya yakni badan terlihat mudah lelah dan sering rewel. Kondisi ini disebabkan gangguan penyerapan gula membuat tubuh kekurangan energi. Dampaknya anak jadi kelelahan, rewel, dan mudah emosi.

Pastikan orangtua mewaspaai ciri-ciri diabetes pada anak di atas. Segera bawa anak berkonsultasi ke dokter jika mendapati gejala di atas.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda, Waspadai Sering Kencing dan Haus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.