Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 17:16 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Kulit yang kendur atau keriput merupakan akibat dari berkurangnya kadar kolagen pada kulit seiring dengan bertambahnya usia. Untuk menyiasatinya kita bisa melakukan terapi perawatan kulit yang bertujuan untuk menabung kolagen.

Kolagen merupakan agen penting untuk menjaga kulit tetap lembab, halus, dan kenyal. Agar kadarnya tetap terjaga kita butuh lebih dari sekadar produk-produk skincare.

Salah satu terapi yang diketahui efektif untuk merangsang pertumbuhan kolagen adalah Ultherapy. Perawatan yang tersedia di klinik estetika ini menggunakan teknologi ultrasound yang tidak membutuhkan pembedahan.

"Gelombang suara akan memanaskan kolagen yang melemah pada berbagai lapisan kulit yang akan memicu regenerasi alami dan merangsang pertumbuhan kolagen baru," kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), Medical Director Klinik QuickGlam Jakarta.

Baca juga: Penting, Cukupi Kadar Kolagen demi Lawan Tanda-tanda Penuaan

Proses bertambahnya kolagen ini tidak terjadi seketika, namun bertahap setelah 2-3 bulan. Itu sebabnya terapi ini disebut menabung kolagen karena lama-kelamaan kulit akan terlihat lebih kencang dan juga tirus.

"Peningkatannya akan terus berlangsung hingga 6 bulan setelah perawatan. Hasilnya pun bertahan 1-2 tahun tergantung kondisi," ujarnya.

Teknologi ultrasound yang dimiliki mesin Ultherapy, diketahui mampu mencapai lapisan kulit yang dalam tempat produksi kolagen berada. Teknologi ini akan memanaskan kolagen dengan suhu optimal, yaitu 60-70 derajat Celcius, sehingga terjadi tumbuhnya kolagen baru.

Dokter Haekal mengatakan, perawatan Ultherapy disarankan di akhir usia 20-an.

"Sebenarnya di usia 30 tahun ke atas itu, jaringan kolagen di kulit kita mulai lebih banyak yang rusak ketimbang terbentuk. Jadi, untuk 'menabung' kolagen bisa dilakukan di usia 30," katanya.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Skin Cycling untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk area wajah, Ultherapy juga dapat dilakukan untuk area dagu yang penuh lemak (double chin) dan aman dikombinasikan dengan terapi lain seperti laser, suntik botox, atau filler.

"Ultherapy ini memang sangat bisa di-customized. Atau bila klien hanya menginginkan area-area tertentu, misal kantung mata saja juga dapat dikerjakan,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com