Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 17:16 WIB


KOMPAS.com - Kulit yang kendur atau keriput merupakan akibat dari berkurangnya kadar kolagen pada kulit seiring dengan bertambahnya usia. Untuk menyiasatinya kita bisa melakukan terapi perawatan kulit yang bertujuan untuk menabung kolagen.

Kolagen merupakan agen penting untuk menjaga kulit tetap lembab, halus, dan kenyal. Agar kadarnya tetap terjaga kita butuh lebih dari sekadar produk-produk skincare.

Salah satu terapi yang diketahui efektif untuk merangsang pertumbuhan kolagen adalah Ultherapy. Perawatan yang tersedia di klinik estetika ini menggunakan teknologi ultrasound yang tidak membutuhkan pembedahan.

"Gelombang suara akan memanaskan kolagen yang melemah pada berbagai lapisan kulit yang akan memicu regenerasi alami dan merangsang pertumbuhan kolagen baru," kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), Medical Director Klinik QuickGlam Jakarta.

Baca juga: Penting, Cukupi Kadar Kolagen demi Lawan Tanda-tanda Penuaan

Proses bertambahnya kolagen ini tidak terjadi seketika, namun bertahap setelah 2-3 bulan. Itu sebabnya terapi ini disebut menabung kolagen karena lama-kelamaan kulit akan terlihat lebih kencang dan juga tirus.

"Peningkatannya akan terus berlangsung hingga 6 bulan setelah perawatan. Hasilnya pun bertahan 1-2 tahun tergantung kondisi," ujarnya.

Teknologi ultrasound yang dimiliki mesin Ultherapy, diketahui mampu mencapai lapisan kulit yang dalam tempat produksi kolagen berada. Teknologi ini akan memanaskan kolagen dengan suhu optimal, yaitu 60-70 derajat Celcius, sehingga terjadi tumbuhnya kolagen baru.

Dokter Haekal mengatakan, perawatan Ultherapy disarankan di akhir usia 20-an.

"Sebenarnya di usia 30 tahun ke atas itu, jaringan kolagen di kulit kita mulai lebih banyak yang rusak ketimbang terbentuk. Jadi, untuk 'menabung' kolagen bisa dilakukan di usia 30," katanya.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Skin Cycling untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk area wajah, Ultherapy juga dapat dilakukan untuk area dagu yang penuh lemak (double chin) dan aman dikombinasikan dengan terapi lain seperti laser, suntik botox, atau filler.

"Ultherapy ini memang sangat bisa di-customized. Atau bila klien hanya menginginkan area-area tertentu, misal kantung mata saja juga dapat dikerjakan,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+