Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 21:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Program Shokuiku atau edukasi makan di Jepang dibuat berdasarkan acuan pedoman diet sehat negara setempat.

Untuk diketahui, Shokuiku adalah praktik pendidikan atau edukasi mengenai makanan serta membangun kesadaran untuk membentuk pola makan sehat sejak dini.

Pedoman diet Shokuiku dibuat kolaboratif antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, serta Kementerian Pertanian Kehutanan dan Kelautan Jepang.

Konsep panduan diet sehat Shokuiku utamanya untuk meningkatkan kualitas hidup baik dari sisi kesehatan, budaya, dan lingkungan.

Baca juga: Kenali Apa itu Shokuiku, Edukasi Membentuk Pola Makan Sehat ala Jepang

Panduan diet sehat ala Shokuiku di Jepang

Panduan diet sehat yang kini digunakan dalam Shokuiku di seluruh Jepang dibuat berdasarkan aturan dasar atau basic law of Shokuiku 2005, dan program nasional Health Japan 21.

Selain itu, panduan ini juga memasukkan Washoku atau budaya makan tradisional Jepang yang sudah diakui UNESCO dan program Shokuiku sebelumnya (tahun 2016).

Berikut panduan termutakhir diet ala Shokuiku yang dipakai untuk membentuk pola makan sehat di Jepang:

  • Menikmati makanan

Makanan yang lezat dan sehat baik untuk tubuh dan pikiran. Jadi, jaga kesehatan dengan menikmati makanan yang sehat. Bangun komunikasi dengan orang lain atau keluarga saat makan. Serta, nikmati juga proses menyiapkan makanan.

  • Makan teratur

Bangun ritme hidup yang sehat dengan makan teratur. Awali hari dengan sarapan yang bergizi. Upayakan untuk makan di waktu yang sama setiap hari. Serta, jangan banyak mengemil, terutama sebelum tidur dan di sela-sela jam makan utama.

  • Makan dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang

Upayakan untuk makan dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang. Masak dengan berbagai cara. Jangan sering-sering makan di luar rumah, tapi imbangi dengan kebiasaan makan masakan rumahan.

  • Makan karbohidrat yang cukup

Karbohidrat berupa biji-bijian seperti nasi dan sereal dalam jumlah yang cukup penting untuk mempertahankan tingkat energi. Pilih jenis karbohidrat yang paling cocok dengan iklim dan kondisi tanah di Jepang.

  • Sertakan sayur, buah, susu, kacang-kacangan, dan ikan

Di samping makanan pokok, sertakan sayur, buah, susu, kacang-kacangan, dan ikan dalam menu makan sehari-hari. Sayur dan buah penting untuk mencukupi vitamin mineral dan serat. Sedangkan susu, kacang-kacangan, dan ikan berguna untuk menambah asupan kalsium.

  • Batasi garam dan lemak jahat

Batasi asupan garam maksimal 10 gram per hari. Batasi makanan tinggi natrium seperti makanan ringan, berpenyedap, diberi saus, dll. Hindari atau batasi gorengan dan makanan tinggi lemak jahat. Pilih lemak baik dari ikan, ayam, atau daging tanpa lemak. Selalu baca informasi gizi di kemasan makanan.

Baca juga: Menilik Praktik Shokuiku, Edukasi Makan Sehat sejak Dini ala Jepang

  • Jaga berat badan agar tetap ideal

Selalu seimbangkan asupan dari makanan dan minuman dengan tingkat aktivitas fisik. Timbang berat badan secara berkala. Bangun rutinitas olahraga. Jangan lupa juga untuk mengunyah makanan dengan baik, jangan terlalu cepat.

  • Hargai kultur makanan dan sumber pangan lokal

Hormati budaya makan warisan leluhur dan coba terapkan dalam keseharian. Nikmati dan syukuri karunia alam dengan menggunakan pangan lokal sesuai musimnya. Tapi, jangan lupa untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dengan mencoba makanan baru.

Baca juga: Kenali Strategi Program Shokuiku di Jepang untuk Melawan Hipertensi

  • Minimalkan sisa atau limbah makanan

Hindari membeli, menyimpan, dan menyiapkan terlalu banyak makanan. Coba konsumsi makanan secara cermat sesuai kebutuhan untuk menghindari sisa atau limbah makanan.

  • Lacak diet sehari-hari

Upayakan untuk selalu menerapkan diet sehat baik di sekolah maupun di rumah. Catat dan amati pola diet yang sudah dilakukan sehari-hari. Lalu, lacak apakah sudah sesuai dengan gol atau tujuan kesehatan. Jika perlu, diskusikan dengan orang terdekat atau ahli gizi.

Jika Anda ingin membangun pola makan yang sehat, coba ikuti panduan diet sehat ala Shokuiku di atas.

Baca juga: Transformasi Menu Makan Siang ala Shokuiku di Jepang dari Masa ke Masa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com