Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Apa itu Shokuiku, Edukasi Membentuk Pola Makan Sehat ala Jepang

Kompas.com - 31/05/2023, 08:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Shokuiku adalah konsep pendidikan atau edukasi makanan ala Jepang yang kini jadi perhatian dunia karena terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan.

Untuk mengenal praktik baik yang sudah berjalan di Negeri Sakura ini, kenali apa itu Shokuiku, konsep program, dan manfaatnya untuk kesehatan.

Baca juga: Menilik Praktik Shokuiku, Edukasi Makan Sehat sejak Dini ala Jepang

Apa itu Shokuiku?

Shokuiku adalah praktik pendidikan atau edukasi mengenai makanan serta membangun kesadaran untuk membentuk pola makan sehat.

Shokuiku berasal dari dua kata yakni “Shoku” yang artinya diet atau pengaturan makan, serta “Iku” yang artinya pertumbuhan dan pendidikan.

Istilah ini kali pertama diperkenalkan Sagen Ishizuka, sarjana terkemuka di bidang kedokteran dan farmasi lewat bukunya bertajuk Diet for Health. Buku tersebut menyoroti efek diet pada kesehatan manusia.

Praktik edukasi makan yang kini diterapkan di Jepang menggunakan acuan undang-undang dasar atau Basic Law Shokuiku edisi 2005.

Acuan payung hukum tersebut dibuat untuk mengakomodasi berbagai persoalan pangan dan gizi masyarakat Negeri Sakura.

Di antaranya banyak orang yang makan tidak teratur, pola makan tidak bergizi lengkap dan seimbang, angka obesitas dan penyakit metabolik naik, dan tren ingin langsing dengan cara instan melesat di kalangan remaja serta wanita.

Selain itu, Shokuiku termutakhir juga bertujuan membentengi masyarakat dari maraknya waralaba makanan cepat saji dari luar negeri dan lunturnya kultur makan secara tradisional.

Pemerintah setempat menganggap, persoalan tersebut tak cukup diatasi dengan imbauan tapi perlu regulasi khusus agar bisa berjalan optimal.

Baca juga: Cara Menerapkan Shokuiku, Kebiasaan Makan Sehat Anti-buncit ala Jepang

Bagaimana konsep program Shokuiku?

Terdapat beberapa konsep dasar yang ditekankan dalam program Shokuiku, antara lain:

  • Pentingnya pola makan sehat, termasuk pentingnya kebahagiaan dan seni menikmati atau mengapresiasi makanan
  • Mengakomodasi kesehatan tubuh dan pikiran; dengan memberikan pemahaman pentingnya pola makan sehat dan praktiknya
  • Memilih asupan berkualitas; termasuk bahan yang aman dikonsumsi, komposisi atau jenis asupan, dan jumlah yang cukup
  • Membangun budaya apresiasi pada orang yang terlibat dalam rantai pangan sampai makanan terhidang di meja makan; termasuk petani, nelayan, juru masak, dll.
  • Bersosialisasi atau berkomunikasi dengan orang lain dengan etika dan tata krama yang patut saat makan
  • Membangun budaya makan dengan cara menghargai berbagai budaya makan dari berbagai kultur dan mengetahui latar atau sejarah suatu makanan

Dengan belajar dan menjalankan konsep dasar Shokuiku tersebut sejak dini, diharapkan pola makan sehat bisa terbentuk dan bisa menjadi kebiasaan saat seseorang tumbuh dewasa.

Baca juga: Yuk, Intip Menu Makan Siang Murid SD di Jepang ala Shokuiku yang Lezat dan Sehat

Apa saja manfaat Shokuiku?

Program Shokuiku yang dijalankan secara nasional di seluruh penjuru Jepang diharapkan bisa memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Membangun pola makan yang sehat

Jepang memiliki persoalan gizi yang kontradiktif yakni obesitas sekaligus berat badan rendah. Kondisi ini disebabkan pola makan kurang sehat yang sudah dibangun sejak kecil. Program Shokuiku diharapkan bisa menjawab tantangan ini.

  • Mengembalikan kultur makan sehat khas Jepang

Tradisi makan orang Jepang dulunya terdiri atas satu set hidangan yang terdiri atas nasi, lauk berupa ikan atau daging, sup, susu atau produk turunan susu, sayur, rumput laut, kacang-kacangan, buah, dan minuman teh hijau tawar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com