Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pakai Skincare Saja Tak Cukup Bikin Tampilan Awet Muda

Kompas.com - 26/09/2024, 21:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Merawat kulit dengan produk skincare yang sesuai kebutuhan kulit merupakan langkah penting yang wajib dilakukan untuk mendapatkan tampilan wajah sehat dan segar.

Namun, seiring bertambahnya usia mengandalkan skincare saja untuk mengencangkan tampilan kulit yang mulai berkerut dan menua tidak akan cukup.

"Seiring bertambahnya usia proses penuaan bukan cuma terjadi di kulit, tapi juga di bagian otot, lemak, sampai ke tulang. Contohnya saja makin tua pelipis kita jadi makin cekung," papar dokter estetika Aji Bayu Chandra M.Biomed AAM.

Ia menjelaskan, lapisan kulit manusia terdiri dari lapisan epidermis, dermis, dan juga jaringan subkutan.

Produk-produk skincare, menurut dr.Aji Bayu, hanya bekerja di lapisan epidermis atau lapisan kulit terluar dan juga dermis yang berada di antara epidermis dan jaringan subkutan.

Baca juga: Mengenal Melasma, Tantangan Bercak Kulit Kecoklatan di Wajah

"Skincare sulit masuk ke bagian lebih dalam lagi, tapi tetap penting karena pemakaian skincare yang rutin akan menjaga kulit bagian luar tetap bagus," papar pendiri Maharva Aesthetic Clinic di Kota Surabaya Jawa Timur ini.

Sementara itu, untuk memiliki tampilan yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya diperlukan perawatan yang lebih holistik, tidak sekedar lapisan kulit luar saja.

Dokter Aji Bayu mencontohkan, untuk bagian epidermis dan dermis disarankan melakukan skin booster yang bisa menutrisi kulit sehingga kulit lebih lembab dan kenyal. Perawatan lain di lapisan epidermis adalah laser untuk mencerahkan sekaligus merangsang pembentukan kolagen.

Di bagian subkutan yang merupakan lapisan terbawah kulit dan strukturnya tersusun dari sel lemak dan lapisan pelengkap kulit, bisa dilakukan suntik filler menambah volume wajah dan memperbaiki kontur wajah.

"Masuk lebih dalam lagi di selaput otot, kita kencangkan dengan mesin berbasis energi seperti Hifu atau Ulthera untuk merangsang kolagen," paparnya.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Kolagen dan Sumber Makanan yang Bikin Kulit Awet Muda

Perawatan tersebut bisa dilengkapi dengan suntik botulinum di bagian muscle dan untuk lapisan kulit yang paling dalam bisa dilakukan filler.

"Semua treatment akan berbeda-beda di setiap layernya. Jadi kalau mau menua dan masih kelihatan bagus wajahnya, harus semua layer tadi ditangani dengan porsi yang tepat," kata dr.Aji Bayu.

Dengan produk yang tepat dan ditangani oleh dokter yang kompeten di bidang estetika dan kosmetik, dapat didapatkan tampilan wajah yang harmonis dan awet muda yang sangat alami tanpa mengubah tampilan menjadi seperti orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau