Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Karya Masterpiece untuk Rumah Singgah Penyakit Jantung Bawaan

Kompas.com - 07/10/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Karya-karya masterpiece dari seniman terkenal Indonesia dilelang untuk menggalang dana bagi pembangunan rumah singgah Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) di acara pameran seni Art Jakarta 2024.

Daya tarik utama dari kolaberasi seni dan kemanusiaan ini adalah karya para pelukis seperti Arifin Neif, Abenk, Muklay, Darbotz, dan beberapa karya seniman lainnya.

Dana yang terkumpul akan diserahkan kepada yayasan RMHC untuk pembangunan rumah singgah ke-4 yang berlokasi di kawasan Kemanggisan Jakarta Barat. Rumah singgah ini akan menjadi tempat tinggal sementara yang nyaman bagi keluarga, memungkinkan mereka untuk mendampingi anak-anak yang menjalani perawatan penyakit jantung bawaan.

Penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan salah satu kontributor morbiditas dan mortalitas anak di Indonesia. Di Indonesia, 4 bayi lahir per jam nya dengan PJB. Penanganan komperhensif penyakit ini masih terpusat di RS Jantung Harapan Kita Jakarta.

Baca juga: 6 Tanda-tanda Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi Baru Lahir

Disampaikan oleh dr.Oktavia Lilyasari Sp.JP, keluarga pasien anak PJB dari seluruh pelosok tanah air harus datang dan menetap selama beberapa lama di Jakarta. Kehadiran rumah singgah bisa menjadi tempat tinggal sementara bagi keluarga pasien selama pengobatan.

“Untuk itu keluarga pasien PJB harus didampingi oleh keluarganya selama masa pengobatan sampai untuk menjalani proses penetapan diagnosis sampai dengan intervensi secara bedah ataupun non bedah,” kata dr Oktavia yang menjadi Sekretaris Jendral Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Kardiovaskular Indonesia (PERKI) ini.

Anak-anak di rumah singgah Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC).Dok RMHC Anak-anak di rumah singgah Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC).

Ia menambahkan, PERKI menyambut baik kerjasama dengan MRHC untuk mewujudkan terbangunnya rumah singgah bagi keluarga pasien anak PJB di RS Jantung Harapan Kita.

Ketua Yayasan RMHC Indonesia Caroline Djajadiningrat, menyampaikan bahwa kerja sama dengan Art Jakarta memberikan peluang unik bagi RMHC untuk masuk ke dunia seni dalam menyampaikan pesan kemanusiaan.

"Lewat kolaborasi ini, kami ingin menyampaikan pesan bahwa setiap anak, bahkan saat mereka sakit dan jauh dari rumah, tetap berhak mendapatkan hak mereka—hak untuk bersama keluarga. Dengan seni sebagai medium, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak orang yang peduli dan ingin turut membantu,” kata Caroline.

Art Jakarta berlangsung pada 4-6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan beragam karya seni dari seniman-seniman terkemuka.

Baca juga: Konseling Medis Sebelum Menikah, Kunci Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau