Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Cara Praktis Turunkan Risiko Penyakit Kronis Menurut PAFI

Kompas.com - 24/10/2024, 11:12 WIB
Muhammad Ikhsan Saputra ,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung, menjadi salah satu tantangan kesehatan terbesar di dunia. Terlebih, dengan pola hidup semakin sibuk dan tidak sehat, banyak orang jadi punya berisiko tinggi terkena penyakit-penyakit tersebut.

Pada dasarnya, ada beberapa langkah sederhana untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Dengan mengurasi risiko, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dilansir dari situs pafiburu.org, sebagai Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), perubahan gaya hidup yang sehat sangat penting untuk mencegah dan mengelola penyakit kronis

Yuk, simak cara praktis turunkan risiko penyakit kronis agar kamu dapat meningkatkan kualitas hidup.

1. Terapkan pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu langkah penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis. Dengan mengonsumsi makanan sehat, mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

Selain itu, hindari makanan olahan tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Dengan mengurangi penggunaan gula tambahan dan memilih sumber karbohidrat yang sehat, kamu dapat membantu menjaga kadar gula darah serta berat badan ideal.

2. Rutin berolahraga

Melakukan aktivitas fisik secara rutin berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol berat badan. Usahakan berolahraga setidaknya 150 menit per minggu, baik melalui jalan cepat, lari, bersepeda, atau berenang.

Selain itu, tambahkan latihan kekuatan dua kali seminggu untuk meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan tulang.

3. Menjaga berat badan agar ideal

Mempertahankan berat badan dalam kisaran yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Jika kamu memiliki kelebihan berat badan, lakukan perubahan kecil pada pola makan dan aktivitas fisik.

Menggunakan indeks massa tubuh (IMT) dapat membantu kamu menilai apakah berat badan kamu berada di rentang yang sehat atau tidak.

4. Kelola stres dengan baik

Stres yang berkepanjangan mempercepat munculnya penyakit kronis. Kelola stres dengan berbagai cara, yakni meditasi, yoga, atau kegiatan yang disukai. Sisihkan waktu untuk diri sendiri dan pastikan kamu mendapatkan istirahat cukup guna menjaga keseimbangan mental dan fisik.

5. Hindari minuman beralkohol dan merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Jika kamu merokok, segeralah berupaya untuk berhenti.

Selain itu, batasi konsumsi alkohol dalam batas aman guna mengurangi risiko kesehatan jangka panjang.

6. Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin penting untuk mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Diskusikan dengan dokter tentang tes yang diperlukan dan lakukan pemeriksaan secara berkala, seperti tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol, untuk memantau kondisi tubuh dan mencegah penyakit kronis.

7. Tingkatan asupan cairan

Hidrasi optimal penting bagi kesehatan tubuh. Pastikan kamu minum air setiap hari minimal 8 gelas, atau lebih jika aktif berolahraga. Hindari minuman manis karena dapat meningkatkan risiko diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau