Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Nutrisi Peningkat Libido

Kompas.com - 29/07/2011, 10:47 WIB

KOMPAS.com — Bagaimana jika Anda diberi panduan tentang makanan yang tak hanya lezat, tetapi juga membantu meningkatkan gairah seks? Bagaimana jika Anda diperingatkan untuk menjauhi makanan yang menyebabkan impotensi atau infertilitas?

Sebagai contoh, tubuh yang kekurangan kandungan zinc (seng) akan mengalami masalah ketidaksuburan. Jika Anda mengonsumsi teh atau kopi, Anda harus menyadari fakta bahwa kafein dapat menyebabkan rendahnya dorongan seks. Selain itu, stres dalam pekerjaan juga terbukti memberi kontribusi terhadap penurunan tingkat energi dan minat dalam melakukan hubungan seksual.

Ada sejumlah nutrisi tertentu dalam makanan yang dapat menaikkan libido dan kehidupan fantasi seks Anda. Berikut ini adalah beberapa nutrisi dalam makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual Anda dan pasangan:

1. Antioksidan: Antioksidan banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar. Zat ini memberikan perlindungan dari kanker serviks dengan menetralisir radikal bebas yang disintesis tubuh.

2. Vitamin A: Vitamin ini ditemukan dalam wortel, kuning telur, mentega, hati, dan keju. Nutrien ini diperlukan untuk menjaga jaringan epitel (terdiri dari lembaran sel yang menutupi permukaan eksternal tubuh) dari rahim dan vagina supaya selalu dalam kesehatan yang baik.

3. Vitamin B: Wanita yang sedang berusaha hamil harus menjalankan diet yang kaya asam folat dan vitamin B2. Asam folat dapat mencegah anemia pada ibu hamil karena memberi kontribusi untuk sintesis sel-sel darah yang sehat. Sementara vitamin B2 mendukung perkembangan sel-sel darah merah dan antibodi. Hal ini juga mendukung perkembangan janin yang sehat. Sumber asam folat dan vitamin B2 meliputi pisang, daging, telur, hati, ragi roti, bayam, ikan, susu, gandum, kacang, yoghurt, keju cottage, selada, kacang-kacangan, bayam, alpukat, brokoli, dan jeruk.

4. Vitamin C: Vitamin C mempunyai manfaat khusus untuk sistem reproduksi laki-laki dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. Dalam kondisi tertentu yang disebut aglutinasi, sperma tidak dapat mencapai ovum. Vitamin C mencegah terjadinya kondisi seperti itu. Jeruk, blackcurrant, buah kiwi, stroberi, dan paprika adalah sumber makanan kaya vitamin C.

5. Vitamin E: Vitamin ini ditemukan dalam minyak bunga matahari dan beberapa minyak nabati lainnya. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan masalah neuromuskular dan anemia. Makanan yang kaya akan vitamin E di antaranya benih gandum, alpukat, biji, margarin, dan kacang-kacangan.

6. Zinc  (seng) : Zinc sangat penting untuk meningkatkan libido karena mendorong produksi sperma. Tiram merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan zinc (seng). Defisiensi zinc erat kaitannya dengan dorongan seks rendah pada wanita dan jumlah sperma rendah pada pria. Beras merah, kalkun, daging merah tanpa lemak, kerang, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang mengandung zinc.

7. Selenium: Selenium memfasilitasi produksi ovum dan sperma. Bubur gandum, daging, beras merah, dan jeroan merupakan sumber makanan yang kaya selenium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com