Jumat, 25 April 2014 02:13
LAKTASI
HOME

AHLI MENJAWAB

KOMPAS HEALTH bekerjasa sama dengan AIMI menyediakan konsultasi gratis seputar ASI dan menyusui.

Kirimkan pertanyaan Anda dalam bahasa yang jelas dan sopan. Jawaban yang disampaikan dalam konsultasi ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional yang diberikan seorang tenaga medis profesional yang biasa anda kunjungi. Segera cari bantuan tenaga kesehatan profesional apabila anda mengalami permasalahan seputar kegiatan menyusui atau apabila mempunyai masalah lain yang berkelanjutan.



Bayi Menolak ASI Sejak Ibu Ikut KB Suntik

Asep Candra | Rabu, 20 Juni 2012 | 09:12 WIB
|
Share:
shutterstock
Ilustrasi

TANYA : 

Saya saat ini sedang kebingungan karena anak saya tidak mau minum ASI secara langsung ke saya. Itu terjadi semenjak saya ikut KB suntik 3 bulan. Mau tidak mau, saya harus memerah ASI ke botol, Apa mungkin pengaruh dari suntik KB saya? Anak saya berumur 4 bulan 20 hari. Akhir-akhir ini, anak saya juga tidak mau minum ASI, jadi saya coba kasih susu formula, tetapi anak saya tetap tidak mau. Anak saya maunya minum air putih. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kebingungan ini. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya  

(Siska, 24, Jakarta)

JAWAB :

Halo ibu Siska. Wah salut deh sama ibu, sampai bayinya menjelang 5 bulan masih berusaha untuk memberikan ASI. Semoga anaknya tetap sehat ya Bu berkat cairan ajaib yang namanya ASI. Wah, kalau anak sampai tidak mau menyusu lagi pada ibunya memang bisa bikin kita bingung dan cemas.

Metode kontrasepsi hormonal tertentu memang bisa menyebabkan produksi ASI menurun, sehingga lambat laun bayi jadi malas untuk menyusu karena ASI-nya sedikit. Yang ibu lakukan dengan memerah ASI sudah benar. Kalau boleh saya sarankan, ASI perah coba untuk diberikan dengan cangkir kecil. Cari waktu yang tepat untuk memberikan ASI perah. Baiknya jangan pada saat bayi sudah lapar atau mengantuk. Bisa dicoba juga orang lain selain ibunya yang memberikan.

Jika dengan cangkir kecil terasa sulit, bisa coba dengan pipet atau spuit. Anaknya bisa juga diajak bicara loh bu, disaat dia lagi tenang atau menjelang tidur bisa coba dibisikkan "nak, minum ASI-nya yang pintar ya, supaya bisa tumbuh jadi anak yang pintar dan sehat."

Idealnya bayi usia 0-6 bulan hanya mendapatkan ASI saja, tetapi apabila tidak dimungkinkan, bisa dipertimbangkan untuk ditambahkan formula. Air putih disarankan untuk diberikan kepada bayi diatas usia 6 bulan. Jika ibu berkenan, silahkan menghubungi konselor menyusui AIMI (021-72787243) sehingga dapat didampingi untuk melakukan proses relaktasi. Semoga dengan jawaban saya ini bisa mengurangi kebingungan ibu.

Salam ASI!

Mia Sutanto, SH, LL.M,
Konselor Laktasi, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

 

Form isian Anda tidak lengkap, silahkan lihat detail dibawah ini.

Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui