Kamis, 18 September 2014 20:41

KONSULTASI / KESEHATAN JIWA

KONSULTASI KESEHATAN JIWA

Bersama dr Andri, SpKJ, FAPM

Bersama dr Andri,SpKJ,FAPM Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis dan Psikiatri Liaison. Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang. Anggota dari American Psychosomatic Society dan Fellow of The Academy of Psychosomatic Medicine.

Sering Berkhayal Menjadi Adik Pejabat Tinggi

Jumat, 10 Agustus 2012 | 09:09 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

TANYA :

Dok, saya terkadang memiliki imajinasi yang berlebihan. Saya seolah-olah merasa sebagai adik seorang menteri atau pejabat dan lain-lain. Hal itu kerap muncul ketika misalnya saya sedikit tersisisih dalam pekerjaan. Saya merasa ini merupakan 'hiburan jiwa' sementara yang lagi kesal.  Bagaimana dok untuk menghindari perasaan ini? Terima kasih atas jawabannya.

(E. Shobirin, 46, Bandung)


JAWAB :

Pak Shobirin yang baik,

Lari dari kenyataan adalah salah satu mekanisme pertahanan jiwa dalam menghadapi stres. Orang bisa lari dari kenyataan dengan berbagai cara, paling sering dilakukan misalnya dengan mabuk-mabukan dengan minuman beralkohol. Memang bisa lupa namun hanya sesaat.

Dalam kehidupan yang penuh stres memang terkadang "pelarian" sejenak dari situasi itu sungguh bisa membuat perbaikan walaupun kadang tidak lama. Apa yang dilakukan bapak selama masih disadari sebagai bagian dari usaha memberikan kenyamanan buat mental masih bisa ditolerir. Terbukti bapak bertanya tentang hal itu yang artinya bapak masih sadar bahwa hal ini sebaiknya memang tidak dilakukan.

Ada cara-cara yang lebih dewasa untuk mengatasi tekanan dalam hidup. Membuat humor, berolahraga dan menekuni hobi adalah salah satu di antaranya.
Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui