Sabtu, 4 Juli 2015

Health

Dinkes Siap Terima Pengaduan Korban Klinik TCM

Kamis, 16 Agustus 2012 | 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta siap menerima pengaduan para korban klinik pengobatan Tradisional Chinese Medicine (TCM). Masyarakat diminta tidak ragu dan takut bila memang dirugikan oleh layanan klinik pengobatan tradisional China.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati ketika ditemui dalam acara pertemuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Dien mengatakan, selama ini pihaknya belum mendengar ada keluhan dari masyarakat terkait praktek pengobatan tradisional klinik TCM. "Kalau memang ada korban silakan melapor ke Dinkes DKI Jakarta, kami akan memprosesnya secara hukum," ujarnya.

Berkaitan dengan ijin praktek klinik TCM, terutama 3 klinik yang telah ditegur iklannya di televisi oleh KPI, Dien mengatakan tidak ada masalah. Ijin untuk klinik dan tenaga kesehatannya memang diberikan oleh suku dinas kesehatan di wilayah tempat klinik itu berada. Konteks permasalahan klinik pengobatan tradisional TCM ini, kata Dien menyoal iklan testimoni di televisi yang dinilai menyesatkan masyarakat.

Pihaknya, melalui Suku Dinas Kesehatan di Wilayah telah memanggil pemilik klinik TCM yang bermasalah. "Pemilik klinik Tong Fang dan Can Jiang sudah dipanggil. Mereka cukup kooperatif. Nanti kita lihat lagi, karena fungsi dinas kesehatan itu pembinaan. Kalau penghentian iklan itu kewenangan KPI," katanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Lusia Kus Anna