Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2013, 05:34 WIB

TANYA :

Dok, sudah lama saya merasakan kesendirian, padahal saya punya banyak teman. Adakalanya di saat kumpul saya merasa sendirian. Di rumah pun saya seperti itu merasa sendirian, seolah-olah saya hidup di dunia ini sendirian. Lebih parahnya lagi, di saat saya sendiri, terkadang di dalam benak saya terlintas pikiran pendek yaitu bunuh diri. Saya merasakan hidup saya sama sekali tidak berguna bagi orang lain. Saya pernah membaca artikel tentang skizofrenia, apa yang saya baca hampir sebagian ciri-cirinya sama dengan apa yang saya alami, tapi tidak semuanya sama. Saya takut jika saya mengalami kondisi kejiwaan seperti itu. Saya tahu dan merasakan ada kekuatan yang lebih besar dari apapun. Meski begitu, lagi-lagi saya merasakan kesendirian di dunia ini. Tapi, dok, dulu ketika saya masih SMP sampai SMA, saya sering bermimpi, dan mimpi itu menjadi nyata. Ya mimpi pada umunya; mimpi bertemu seseorang, mimpi berada di suatu tempat, mimpi tentang kejadian masa depan dan banyak lagi.  Di kehidupan nyata, semua mimpi itu benar-benar kenyataan. lalu saya pun tidak mudah mempercayai seseorang.

(Syaripudin, 21, Jakarta)


JAWAB :

Syaripudin yang baik,

Kesendirian yang dimaksud ini adalah apakah perasaan kesendirian atau memang anda lebih menyenangi kesendirian? Sepertinya kalau dari cerita yang anda katakan, anda merasakan kesendirian walaupun dalam lingkungan yang seharusnya tidak membuat anda demikian.

Adanya ide bunuh diri memang lebih menjurus kepada suatu gejala depresi dan sepertinya itu bisa saja terjadi apalagi dengan adanya perasaan seperti kesendirian itu. Namun anda mengatakan juga ada gejala-gejala mirip skizofrenia, suatu gangguan kejiwaan yang berat yang biasanya ditandai dengan adanya halusinasi dan waham.

Beberapa kali topik ini pernah di bahas di rubrik kesehatan jiwa Kompas.com. Merasa adanya kekuatan besar yang bisa mempengaruhi anda juga harus dikonfirmasi. Bisa saja ini merupakan bagian dari apa yang kita sebut waham/delusi. Saran saya ada baiknya anda berkunjung ke Psikiater untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan kejelasan akan apa yang anda alami. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com