Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Makanan dengan Kandungan Potasium Tertinggi

Kompas.com - 13/08/2013, 09:18 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Salah satu masalah terbesar dari makanan-makanan instan siap saji adalah tingginya kandungan sodium dan rendahnya kandungan potasium. Padahal studi menunjukkan, meningkatkan asupan potasium dan mengurangi sodium dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 21 persen dan juga risiko penyakit jantung.

Potasium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan. Orang dewasa perlu mengasup 4.700 miligram potasium setiap harinya. Meskipun begitu, terlalu banyak potasium juga dapat mengganggu kesehatan.

Nah, untuk mendapatkan cukup potasium setiap harinya, ada baiknya Anda mulai untuk mengasup makanan-makanan ini.

1. Ubi
Ubi merupakan makanan dengan kandungan potasium tertinggi. Satu buah ubi mengandung sekitar 694 mg potasium dan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya serat, beta-karoten, dan karbohidrat.

2. Saus tomat
Tak ada yang memungkiri manfaat tomat segar, namun jika ingin kandungan potasiumnya yang tinggi, tomat perlu dibuat dulu menjadi saus. Seperempat mangkuk saus tomat mengandung 664 mg potasium. Sementara itu, jika dijus tomat dapat memberikan 400 mg potasium.

3. Daun bit
Dalam tanaman bit, kita seringkali hanya memanfaatkan umbinya dan membuang daunnya. Padahal daun bit mengandung potasium yang sangat tinggi yaitu 644 mg setiap setengah mangkuknya. Daun bit juga mengandung antioksidan yang tinggi.

4. Kacang panjang
Kacang panjang mengandung 600 mg potasium untuk setiap setengah mangkuknya. Namun kacang-kacangan lain seperti lentil dan kapri juga bisa dijadikan sumber potasium yang baik.

5. Yogurt
Sekitar 227 gram yogurt mengandung 579 mg potasium. Sementara yogurt rendah lemak memiliki kandungan yang sedikit lebih rendah.

6. Kerang
Delapan puluh lima gram kerang mengandung 534 mg potasium dan konsentrasi vitamin B12 tertinggi.

7. Prune
Tiga perempat mangkuk jus prune mengandung 530 mg potasium, dan dalam jumlah yang sama buah prune rebus mengandung 400 mg. Selain itu prune diketahui baik untuk menjaga kepadatan tulang.

8. Jus wortel
Jus wortel sebanyak 3/4 mangkuk mengandung 500 mg potasium. Selain itu jus wortel juga memberikan manfaat yang baik untuk mata.

9. Molase
Tetes tebu ini merupakan alternatif yang kerap digunakan untuk mengganti gula atau madu. Di balik rasanya yang manis, ternyata molase juga memiliki kandungan potasium yang tinggi. Satu sendok makan molase mengandung 500 mg potasium dan besi serta kalsium yang tinggi pula.

10. Ikan
Ikan seperti halibut dan tuna mengandung hampir 500 mg potasium untuk setiap 85 gram sajiannya. Namun potasium bukanlah satu-satunya alasan Anda harus mengonsumsi ikan, kandungan lemak sehatnya yang tinggi juga menurunkan risiko penyakit jantung.

11. Kacang kedelai
Produk kacang kedelai merupakan sumber protein terbaik dan juga dapat melawan inflamasi di dalam tubuh. Kandungan potasiumnya juga cukup tinggi, setengah mangkuk kacang kedelai mengandung hampir 500 mg potasium.

12. Labu air
Labu air memiliki kandungan kalori yang rendah dengan serat dan vitamin A yang tinggi. Tak hanya itu, setengah mangkuk buah ini juga mengandung 448 mg potasium.

13. Pisang
Pisang memang dikenal sebagai sumber potasium yang tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 400 mg mineral tersebut.

14. Susu
Susu tak diduga juga merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu mangkuknya, susu mengandung 382 potasium.

15. Jus jeruk
Sebanyak 3/4 mangkuk jus jeruk mengandung 355 mg potasium. Selain itu, jus jeruk juga merupakan sumber kalsium, folat, dan beberapa vitamin B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com