Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Nila Soal Kemeja Putih "Kedodoran" Saat Diundang Jokowi ke Istana

Kompas.com - 29/10/2014, 12:46 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Para menteri Kabinet Kerja berbaris berjajar saat akan diperkenalkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu (26/10/2014) sore. Mereka, termasuk Jokowi dan Wakilnya Jusuf Kalla, kompak mengenakan kemeja putih polos lengan panjang. Salah satunya Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Nila ternyata punya cerita sendiri mengenai kemeja putih yang dipakainya saat itu. "Minta maaf, waktu diundang Pak Jokowi, saya, kan agak jarang pakai kemeja putih, jadi kemeja saya kedodoran," kata Nila diikuti gelak tawa sejumlah pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat memberi sambutan acara pisah sambut di Gedung Kemenkes, Selasa (28/10/2014)

Saat itu, Jokowi memang meminta para menterinya untuk mengenakan kemeja putih. Kemeja itu pun disiapkan oleh staf protokoler istana. Mereka akhirnya kompak mengenakan kemeja putih itu dengan lengan digulung. Kemeja putih dengan celana bahan warna hitam merupakan gaya berpakaian Jokowi saat blusukan.

Nila pun memaknai maksud Jokowi yang meminta para menterinya mengenakan kemeja putih itu. Menurut dia, para menteri harus bekerja melayani rakyat. "Mungkin itu image-nya sebagai pelayan. Jadi kita harus melayani. Jadi itu suatu ikon bahwa kita harus bekerja," kata Nila.

Melalui cerita kemeja putih yang dipakainya itu, Nila mengajak seluruh jajaran Kemenkes untuk berkerja sama dan bekerja keras meningkatkan kesehatan di Indonesia. Nila mengaku tak bisa sendirian untuk dapat mewujudkan cita-cita Indonesia Sehat. Kerja sama sejumlah pihak terkait dan juga masyarakat itu sendiri sangat diperlukan untuk mengatasi masalah di bidang kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com