Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipnoterapi, Benarkah Bermanfaat untuk Kesehatan?

Kompas.com - 28/12/2015, 09:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang menggunakan hipnosis atau metode mengubah kesadaran seseorang.

Beberapa dekade terakhir ini, secara luas, hipnosis disebut-sebut sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi kesehatan jangka panjang, atau untuk menghentikan suatu kebiasaan yang dianggap buruk.

Meski beberapa ahli kesehatan masih memandang terapi ini dengan sebelah mata, nampaknya sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.

Sebagian ahli yang lain,  memandang hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau bergantung pada efek plasebo.

 

Lalu, benarkan bermanfaat untuk kesehatan?

Sindrom iritasi usus besar

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa hipnoterapi dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS), misalnya sakit perut.

Meski studi ini belum memberikan bukti yang kuat, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris tetap mengakui hipnoterapi sebagai pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita IBS yang belum merespon  pengobatan lain.

 

Menurunkan berat badan dan berhenti merokok

Telah ada bukti penelitian walau masih merupakan penelitian terbatas, bahwa hipnoterapi dapat membantu beberapa orang untuk menurunkan berat badan dan berhenti merokok.

Penelitian tersebut dimuat dalam situs riset medis independen Cochrane tahun 2009 dengan judul artikel Psychological Interventions for Overweight or Obesity dan tahun 2010 dengan judul artikel Hypnotherapy for Smoking Cessation.

 

Masalah kulit

Beberapa studi menunjukkan, bahwa hipnoterapi dapat membantu penyembuhan penyakit kulit eksim pada kanak-kanak. Diduga, hipnoterapi juga bisa membantu menyembuhkan masalah kulit yang tidak terlalu parah lainnya, terutama yang dipicu oleh stres, seperti jerawat. Dengan catatan, hipnoterapi harus dibarengi dengan penggunaan obat yang sesuai.

 

Kecemasan, kehamilan dan persalinan

Hipnoterapi juga dikenal dapat meredakan kecemasan, meski sekali lagi, penelitian mengenai hal ini masih memerlukan bukti lain yang lebih kuat. Selain itu, hipnoterapi juga dipercaya dapat membantu meredakan kegelisahan ibu hamil dan mengurangi nyeri persalinan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com