Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2016, 21:26 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Setelah melawati hari yang melelahkan, Anda tentu pernah memutar tubuh sampai bahwa tulang punggung berbunyi untuk meregangkan otot-otot yang terasa kaku. Namun, amankah kebiasaan ini?

Secara teknis, membungkukkan atau memutarkan tubuh hingga punggung Anda berbunyi tidaklah buruk, tetapi jika rutin melakukan ini, beberapa kali dalam sehari misalnya, adalah cerita yang berbeda.

"Cracking atau membunyikan sendi dalam tubuh bisa berakibat buruk, jika hal itu menjadi sebuah kebiasaan," papar Dr. Christopher Anselmi, Hospital for Special Surgery’s Integrative Care Center di New York City mengatakan FoxNews.

"Sendi punggung terdiri dari ligamen, tendon dan struktur jaringan lunak lain yang dapat aus dari waktu ke waktu. Sebuah gerakan yang tidak semestinya dapat menyebabkan kerusakan dini. "

Meskipun demikian, bila Anda hanya melakukannya sesekali, suara tulang punggung yang Anda dengar mungkin terdengar mengkhawatirkan, bukan berarti terjadi apa-apa.

Sendi berisi cairan dan gas seperti nitrogen dan karbon dioksida. Ketika cairan mendapatkan tekanan ketika sendi digerakkan, gas akan keluar dan menghasilkan suara. Agar peregangan sendi tidak membahayakan tulang punggung, Anselmi memberikan tip.

"Cara mudah untuk meregangkan kembali tubuh yang lelah adalah masuk ke kamar mandi untuk membersihkan diri dengan air hangat agar otot rileks. Lalu mulai meregangkan tubuh dengan lembut kira-kira 5 menit setelah mandi. Rentangkan tangan ke atas atau letakkan di pinggang, mulailah membungkuk perlahan, lalu miringkan tubuh dari sisi ke sisi. Pastikan tidak terlalu cepat melakukannya.”

Membunyikan punggung mungkin tidak menyebabkan kerusakan besar untuk tulang dan sendi, tetapi jika Anda terus-menerus melakukannya, tulang punggung bisa saja cedera.

"Jika sakit punggung tak kunjung hilang, ketimbang terus membunyikan punggung, datanglah ke ahlinya untuk mendapatkan penanganan terbaik," kata Anselmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com