Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2017, 21:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar separuh masyarakat di Amerika Serikat dan Eropa Barat pernah paling tidak menjalani hubungan cinta semalam. Wanita cenderung menyesalinya, sementara pria menikmati apa yang sudah terjadi.

Riset baru melihat perbedaan perasaan orang setelah menolak kesempatan menjalani seks kasual. Sedikit sekali wanita menyesal menolak. Hampir sepertiga pria berharap bilang ya daripada tidak.

Penemuan itu diterbitkan di Evolutionary Psychology. Hasil penemuan itu berasal dari survei terhadap 263 orang dewasa yang hidup di Norwegia.

Penemuan ini sama persis dengan hasil penelitian di AS. Peneliti studi ini melaksanakan survei untuk mencari perbedaan antara dua negara, mengingat Norwegia adalah negara yang terhitung sekuler dan secara seksual lebih liberal.

Ternyata polanya serupa di AS dan Norwegia. Pada survei Norwegia, 35 persen wanita menyesal berhubungan seks dengan orang yang baru ditemui. Hanya 20 persen pria yang menyesal.

Sekitar 30 persen perempuan senang dengan pengalaman mereka. Sementara 50 persen pria yang senang.

Ketika ditanyai mengenai penolakan terakhir terhadap seks kasual, 80 persen wanita dan 43 persen pria senang dengan keputusan mereka. Hanya sekitar 4 persen wanita menyesal melewatkan kesempatan dibandingkan dengan 30 persen pria.

Untuk mencari tahu alasan tepat wanita cenderung menyesali seks kasual, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology serta University of Texas Austin menggali lebih dalam.

Mereka menemukan wanita cenderung lebih khawatir pada masalah seperti kehamilan, infeksi menular seksual dan reputasi buruk.

Beberapa dari masalah ini bukanlah hal unik dari wanita, peneliti mencatat wanita memang cenderung lebih khawatir secara umum dibandingkan pria yang lebih impulsif dan senang mengambil risiko.

Responden survei pun ditanyai mengenai kesenangan seksual yang mereka dapatkan dari hubungan cinta semalam itu. Di situ periset menemukan hal yang tak mengejutkan. Pria lebih sering mengalami orgasme selama seks kasual daripada wanita. Di saat bersamaan lebih sedikit wanita mengatakan orgasme itu penting.

Kendati demikian, perbedaan kecemasan atau kepuasan seksual tak cukup besar untuk perbedaan jenis kelamin dalam hal penyesalan.

Tetapi periset berhipotesa, bahwa penyesalan lebih ke soal perbedaan evolusi antara pria dan wanita.

Pria secara biologis diprogram untuk menghasilkan sebanyak mungkin anak. Wanita di sisi lain berkesempatan punya anak terbatas. sehingga mereka lebih peduli pada kualitas daripada kuantitas.

Dorongan biologis tentu saja di masa sekarang kurang penting dibandingkan berabad-abad lampau.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com