Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2023, 11:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa banyak orang mengalami masalah kebotakan yang membuat mereka merasa tidak percaya diri.

Namun, kini hadir tren tanam rambut sensasional yang menghebohkan dunia! Mereka yang dulunya botak kini dapat memiliki rambut lebat hanya dalam waktu singkat.

Penasaran bagaimana cara kerjanya? Simak tulisan ringkas berikut ini yang akan mengungkap rahasia keajaiban rambut tumbuh kembali.

Bukan cuma orang awam, banyak dari figur publik, selebriti, politisi, olahragawan yang mencoba teknik tanam rambut ini.

Sebut saja, Antonio Conte, Pahlawan Juventus dan timnas Italia, Elon Musk, salah satu orang terkaya di dunia, Wayne Rooney, pesepakbola andalan Manchester United, dan masih banyak lainnya.

Tanam rambut sudah dikenal sejak lama sebagai solusi untuk mengatasi kebotakan. Namun, metodenya terus berkembang dan kini mencapai titik di mana hasilnya tampak begitu alami sehingga sulit dibedakan dari rambut asli.

Tren terbaru dalam dunia tanam rambut menawarkan teknik yang lebih canggih dan minim invasif, sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan dan kepercayaan diri yang lebih besar.

Tren terkini dalam tanam rambut disebut dengan Follicular Unit Extraction (FUE), teknik di mana folikel rambut diambil satu per satu dari area donor dan ditanamkan ke area kebotakan.

Proses ini minim invasif dan tidak menimbulkan bekas luka. Keunggulan lain dari FUE adalah waktu pemulihan yang singkat, sehingga pasien bisa segera kembali ke aktivitas normal mereka.

Follicular Unit Extraction (FUE), salah satu metode populer dalam prosedur transplantasi rambut, adalah proses yang mengubah cara kita melihat regenerasi rambut.

Prosedur ini melibatkan pengambilan folikel rambut individu dari bagian kepala yang masih memiliki pertumbuhan rambut yang sehat dan menanamnya di area yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Ini dilakukan tanpa membuat bekas luka linier besar yang biasa ditemukan dalam metode transplantasi rambut tradisional, membuat FUE menjadi pilihan populer bagi banyak orang.

Proses FUE biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

1. Pra-Penilaian: Pasien pertama kali dievaluasi oleh dokter ahli untuk menentukan apakah mereka adalah kandidat yang cocok untuk prosedur FUE. Ini melibatkan pengecekan kesehatan umum pasien dan kondisi rambutnya.

2. Persiapan Donor: Area yang menjadi sumber folikel rambut, biasanya bagian belakang dan samping kepala, dibersihkan dan diberi anestesi lokal. Dokter akan memilih folikel rambut yang sehat untuk diekstraksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com