Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penderita Darah Tinggi Boleh Minum Kopi? Simak Penjelasan Ahli

Kompas.com - 22/07/2023, 20:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Kopi adalah salah satu minuman yang disukai banyak orang. Lantas, bagaimana dengan pengidap hipertensi atau penyakit darah tinggi? Apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi?

Sebelum menyimak jawaban tersebut, ada baiknya Anda mengenali dulu kaitan antara kopi dan darah tinggi.

Baca juga: Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

Apakah kopi menyebabkan darah tinggi?

Ahli jantung dari Mayo Clinic  Francisco Lopez-Jimenez, M.D menjelaskan, asupan berkafein seperti kopi bisa menyebabkan darah tinggi seketika, meskipun Anda tidak punya riwayat hipertensi sebelumnya.

Tingkat kenaikan tekanan darah setelah minum kopi atau asupan berkafein lainnya bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkat toleransi tubuh terhadap kafein.

Menurut sejumlah penelitian, kafein bisa memblokir hormon yang membantu melebarkan pembuluh darah arteri. Padahal, kondisi pembuluh darah arteri yang lebar bisa membuat pembuluh darah rileks dan tekanan darah turun.

Selain itu, ada juga penelitian yang menyebut, kafein bisa membuat kelenjar adrenal melepaskan hormon adrenalin lebih banyak. Hal itu juga bisa membuat tekanan darah naik.

Jika Anda ingin mengetahui secara pasti tingkat peningkatan tekanan darah setelah minum kopi, coba cek tensi dengan alat ukur tensimeter.

Sebelum minum kopi, ukur dulu tekanan darah. Lalu, ukur lagi 30 hingga 120 menit setelah Anda minum kopi.

Jika tekanan darah naik antara 5 sampai 10 poin, ada kemungkinan tubuh dan tekanan darah Anda sensitif terhadap kafein.

Baca juga: Apakah Setelah Vaksin Boleh Minum Kopi?

Apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi?

Dokter spesialis jantung di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dr Bambang Widyantoro, SpJP(K), PhD menjelaskan, penderita darah tinggi boleh minum kopi asalkan jenis minuman yang dipilih adalah kopi hitam tanpa gula dan tubuhnya tidak sensitif kafein.

"Orang sakit jantung, tekanan darah tinggi tetap boleh minum kopi, tapi tanpa gula. Kopi bagus untuk jantung dan pembuluh darah, selama orang yang mengonsumsi tidak sensitif kafein," kata dia, dilansir dari Antara (17/7/2023).

Studi yang dipublikasikan di Journal of American Heart Association pada Desember 2022 menunjukkan, penderita hipertensi yang minum satu cangkir kopi hitam per hari tidak berisiko meninggal akibat stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Meskipun kopi bisa menyebabkan darah tinggi seketika, menurut Bambang kopi bukanlah faktor tunggal penyebab darah tinggi atau penyakit hipertensi.

Penyebab hipertensi terkait gaya hidup utamanya disebabkan kurang tidur, pola makan tidak sehat, dan tingkat stres tinggi.

Namun dia tetap menyarankan agar orang-orang yang sensitif terhadap kafein sebaiknya tak mengonsumsi atau setop minum kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com