Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Apa itu Glycolic Acid, Manfaat, Penggunaannya untuk Skincare

Kompas.com - 15/09/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Glycolic acid adalah salah satu bahan aktif skincare yang kerap digunakan untuk merawat dan memperbaiki berbagai masalah kulit.

Glycolic acid bisa ditemukan pada produk-produk perawatan kulit, seperti serum, lotion, pelembab, toner, hingga masker.

Untuk lebih jelasnya, kenali apa itu glycolic acid, manfaat, hingga cara pakainya untuk skincare lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: Skincare Glycolic Acid Tidak Boleh Dicampur Apa Saja?

Apa itu glycolic acid?

Mengutip Self, asam glikolat atau glycolic acid adalah asam alfa-hidroksi (AHA) yang tidak berwarna, tidak berbau, dan berasal dari tebu.

Bahan aktif ini adalah jenis eksfolian kimia yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit halus, lebih cerah, dan lebih muda.

Cara kerja glycolic acid dapat dengan mudah menembus kulit ke bagian dalam dibandingkan dengan jenis AHA lain, seperti asam laktat. Itulah sebabnya, zat ini ini sangat umum ditemukan pada beberapa skincare.

Baca juga: Kenali Apa itu AHA BHA, Kandungan, dan Manfaatnya untuk Skincare

 

Manfaat glycolic acid

Melansir WebMd, glycolic acid sebagai bahan aktif yang membantu merangsang pengelupasan alami kulit. Berikut ini beberapa potensi manfaat glycolic acid

  • Menghilangkan jerawat

Manfaat glycolic acid untuk jerawat berasal dari kandungan antibakteri P. acnes yang terdapat pada bahan aktif ini. P. acnes adalah bakteri penyebab peradangan jerawat. Rutin menggunakan skincare ini dapat membantu mengurangi jerawat ringan hingga sedang. 

  • Merawat kulit yang menua

Mengoleskan asam glikolat pada kulit juga dapat mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan serta kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  • Membantu menghilangkan bekas jerawat

Fungsi glycolic acide dalam mengangkat sel kulit mati bisa memberikan efek berkurangnya bekas jerawat atau hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak segar dan bercahaya.

  • Mengurangi bercak gelap di kulit

Dalam menangani melasma atau bercak gelap, asam glikolat dapat digunakan untuk menekan pembentukan pigmen melanin pada kulit.

Hal ini dilakukan dengan menghambat kerja tirosinase, suatu enzim yang biasanya mempercepat proses kompleks dimana pigmen melanin diproduksi oleh jenis sel kulit tertentu. Dengan begitu, bercak gelap di kulit dapat berkurang. 

Manfaat yang beragam ini membuat glycolic acid menjadi bahan aktif pilihan bagi mereka yang ingin memperbaiki penampilan kulit.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinol, Fungsi, dan Cara Pakainya untuk Pemula

Cara pakai glycolic acid untuk skincare

Dilansir dari Masterclass, penggunaan glycolic acid harus dengan cara yang tepat agar efek manfaat yang dirasakan kulit bisa maksimal. Berikut beberapa cara pakai glycolic acid dalam urutan pemakaian skincare yang tepat:

  • Gunakan pada malam hari

Glycolic acid dapat membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Untuk itu, selalu gunakan produk skincare dengan kandungan glycolic acid pada malam hari, dan pastikan untuk memakai tabir surya dengan SPF tinggi di pagi hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com