Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skincare Glycolic Acid Tidak Boleh Dicampur Apa Saja?

Kompas.com - 13/09/2023, 09:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Demi mendapatkan manfaat yang optimal, penggunaan skincare asam glikolat atau glycolic acid boleh dan tidak boleh dicampur dengan sejumlah bahan produk perawatan kulit lainnya. 

Perlu diketahui, glycolic acid adalah bentuk lain dari asam alfa hidroksi (AHA) yang tidak berwarna dan tidak berbau.

Secara alami, bahan skincare yang jamak digunakan untuk pembersih, masker, atau serum ini ditemukan dalam ekstrak tebu dan merupakan obat yang efektif untuk sejumlah masalah kulit.

Manfaat glycolic acid bisa untuk mengobati dan mencegah jerawat, mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari, kerutan, pigmentasi, dan membantu mengangkat sel kulit mati.

Simak penjelasan glycolic acid tidak boleh dicampur apa saja dan boleh digunakan bersama apa saja lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: Skincare AHA BHA Boleh dan Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

Glycolic acid tidak boleh dicampur apa saja?

Sebagai informasi, glycolic acid adalah produk eksfolian alami atau produk perawatan kulit  yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Jadi, bahan skincare ini tidak boleh sembarangan dicampur dengan bahan aktif skincare tertentu agar tidak menimbulkan efek samping pada kulit.

Perlu diingat, skincare mengandung glycolic acid tidak boleh dicampur dengan bahan aktif berikut:

  • Retinol

Dilansir dari Everyday Health, turunan vitamin A seperti retinol atau retinoid, serta asam alfa hidroksi (AHA) seperti glycolic acid, termasuk skincare yang sama-sama bermanfaat untuk membuat kulit awet muda dan meningkatkan produksi kolagen.

Kedua bahan ini tidak boleh dicampur secara bersamaan karena cara kerja keduanya sama-sama dapat merangsang pengelupasan lapisan luar kulit.

Jika dikombinasikan atau digunakan berbarengan, maka kulit lapisan luar kulit banyak yang terkelupas dan kulit lebih rentan mengalami iritasi. Kulit yang teriritasi akan terasa perih, mengelupas, dan muncul kemerahan.

Jika tetap ingin menggunakan kedua bahan aktif ini, Anda dapat menggunakannya secara bergantian. Misalkan, glycolic acid pada Senin dan retinol pada Selasa.

Jeda waktu ini relatif aman dan bisa meminimalkan efek samping interaksi kedua bahan aktif tersebut.

Baca juga: Skincare Bakuchiol Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

  • Vitamin c

Mengutip eMedihealth, bahan aktif glycolic acid dan vitamin C merupakan senyawa yang sama-sama bersifat asam.

Bahan-bahan tersebut dapat mengganggu tingkat pH atau kadar keasaman alami kulit jika digunakan bersamaan. Kondisi kulit yang terlalu asam juga dapat menyebabkan iritasi serta ruam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com