Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Glycolic Acid Aman untuk Ibu Hamil?

Kompas.com - 16/09/2023, 14:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asam glikolat atau glycolic acid adalah salah satu bahan aktif skincare yang berfungsi sebagai eksfoliator atau zat aktif yang dapat membantu pengelupasan alami kulit. Lantas, apakah glycolic acid aman untuk ibu hamil? 

Perlu diketahui, glycolic acid termasuk ke dalam jenis alfa hidroksi (AHA) yang larut dalam air dan terbuat dari tebu.

Bahan aktifnya dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada kulit. Dengan begitu, kulit tampak lebih segar, bersinar, dan halus.

Untuk menjawab rasa penasaran di atas, Anda dapat menyimak artikel di bawah ini, berikut daftar skincare yang tidak aman untuk ibu hamil.

Baca juga: Kenali Apa itu Glycolic Acid, Manfaat, Penggunaannya untuk Skincare

Apakah glycolic acid aman untuk ibu hamil?

Dinukil dari Verywell Family, glycolic acid adalah bahan aktif skincare yang umumnya aman digunakan untuk ibu hamil.

Ibu hamil yang menggunakan perawatan skincare dengan kandungan bahan aktif ini, bahkan boleh melanjutkan penggunaannya pascamelahirkan.

Seperti diketahui, saat hamil, sejumlah wanita mengalami masalah kulit atau kondisi masalah kulit sebelumnya yang menjadi parah. Hal ini dipengaruhi perubahan hormon selama kehamilan.

Nah, penggunaan glycolic acid untuk ibu hamil dapat memberikan beberapa manfaat pada kulit, seperti:

  • Sebagai eksfoliator kulit
  • Merawat kulit keriput
  • Menghaluskan kulit yang kasar
  • Mengurangi jerawat
  • Mengobati hiperpigmentasi
  • Mencerahkan kulit

Meskipun asam glikolat dianggap aman digunakan selama kehamilan, tapi ibu hamil sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakan bahan ini.

Perlu diketahui, jenis glycolic acid yang aman digunakan ibu hamil harus memiliki kadar atau konsentrasi yang rendah, yaitu maksimal 7 persen. 

Untuk memastikan asam glikolat yang digunakan mengandung konsentrasi 7 persen atau kurang, pastikan ibu hamil memeriksa label produk skincare dengan cermat.

Agar lebih aman, ibu hamil juga dapat berkonsultasi ke dokter kulit dan dokter kandungan sebelum menggunakan skincare ini.

Baca juga: Skincare Glycolic Acid Tidak Boleh Dicampur Apa Saja?

Apa saja skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil?

Setelah mengetahui asam glikolat aman untuk ibu hamil, baiknya Anda juga perlu mengetahui skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Melansir Medical News Today, berikut ini beberapa bahan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil, antara lain:

  • Retinol atau retinoid

Ibu hamil tidak boleh menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol atau retinoid, karena rentan menyebabkan cacat bawaan, seperti sindrom retinoid janin.

  • Hidrokuinon

Hidrokuinon adalah bahan aktif yang ada dalam produk perawatan kulit dan kerap digunakan untuk mencerahkan kulit.

Sebuah penelitian pada 2021 melaporkan bahwa, kulit menyerap sekitar 35 sampai 45 persen hidrokuinon. Meskipun belum tentu menyebabkan efek samping, para profesional kesehatan merekomendasikan untuk menghindari bahan ini selama kehamilan dan menyusui.

  • Formaldehida

Formaldehida adalah bahan aktif yang dapat ditemukan dalam kosmetik. Ibu hamil tidak boleh menggunakan skincare atau produk kecantikan dengan bahan ini karena diketahui bisa meningkatkan risiko kanker dan keguguran.

Setelah menyimak apakah glycolic acid aman untuk ibu hamil berikut daftar skincare yang perlu dihindari di atas, pastikan para bumil lebih cermat dalam memilih produk perawatan kulit selama kehamilan.

Baca juga: 20 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com