Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Diabetes, Asupan Gula Berlebih Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kompas.com - 27/09/2023, 08:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terlalu banyak asupan gula sudah diketahui secara luas sebagai pemicu penyakit diabetes melitus. Tak hanya itu, asupan gula berlebih juga bisa berpengaruh negatif pada tingkat kesuburan.

Untuk mengetahui efek samping terlalu banyak gula pada kesuburan, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Makan Kecambah Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Simak Faktanya...

Efek Konsumsi gula pada kesuburan

Konsumsi gula berlebihan bisa merusak kualitas sel telur dan sperma. Padahal agar terjadi kehamilan, orang perlu menjaga kualitas sel telur dan spermanya.

Dampak negatif makanan manis atau gula berlebih pada kesuburan dibuktikan dalam sebuah studi di Harvard pada tahun 2018. Dalam penelitian tersebut, peneliti memeriksa 3.828 sampel sel telur dan 1.045 sampel sperma.

Setelah menganalisis sampel, peneliti menemukan bahwa minuman manis bisa mengurangi potensi pembuahan, baik pada pria maupun wanita.

Menurut informasi dari Shady Grove Fertility, konsumsi minuman manis dan karbohidrat olahan tinggi glikemik bisa meningkatkan gula darah dengan cepat.

Hal ini bisa menyebabkan peningkatan tajam kadar insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi tubuh kita untuk memindahkan gula ke dalam sel kita sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Karena insulin secara kimiawi mirip dengan hormon ovarium yang membantu sel telur untuk matang, hal ini bisa merusak proses ovulasi dan menurunkan regulasi produksi hormon reproduksi.

Kondisi tersebut berpotensi mengganggu pematangan sel telur dan ovulasi.

Pada pria, asupan gula berlebih bisa menurunkan motilitas sperma. Asupan gula berlebih juga bisa menurunkan produksi air mani, yang berpengaruh pada jumlah sperma.

Baca juga: 4 Tanda Masa Subur Wanita, Penting untuk Tingkatkan Peluang Hamil

Tips mengurangi konsumsi gula

Bahaya gula tidak hanya pada kesehatan tubuh. Potensi kita untuk memiliki momongan juga bisa berkurang akibat konsumsi gula berlebih.

Karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah membatasi asupan gula.

Menurut laman American Heart Association, pria sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari sembilan sendok teh (36 gram atau 150 kalori) gula tambahan per hari.

Untuk wanita, jumlahnya lebih rendah, yakni enam sendok teh (25 gram atau 100 kalori) per hari.

Anda harus berhati-hati dengan kandungan gula yang terdapat pada makanan kemasan. Satu kaleng soda saja bisa mengandung sekitar delapan sendok teh (32 gram) gula tambahan. 

Jadi, Anda harus selalu memperhatikan label komposisi sebelum mengongumsi atau membeli makanan kemasan tertentu demi mencegah konsumsi gula berlebih yang bisa menurunkan kesuburan.

Baca juga: Waspada, Polusi Udara Bisa Ganggu Kesuburan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com