Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Olahraga yang Dianjurkan saat Sakit Lambung

Kompas.com - 30/10/2023, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang memiliki sakit lambung dianjurkan untuk berolahraga untuk membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh sehingga gejala sakit lambung yang dirasakan berkurang.

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat sakit lambung tanpa memperparah gejala yang dialami, seperti berjalan kaki, yoga, pilates, bersepeda, hingga berenang.

Meskipun begitu, Anda yang memiliki riwayat sakit lambung perlu menghindari melakukan olahraga dalam dua hingga tiga jam setelah makan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui olahraga yang dianjurkan saat sakit lambung dan beberapa tip berolahraga yang bisa dilakukan berikut ini.

Baca juga: Bolehkah Olahraga saat Badan Sakit Semua? Berikut Penjelasannya…

Olahraga yang dianjurkan saat sakit lambung

Melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga, dapat membantu mengurangi gejala sakit lambung yang dirasakan.

Dilansir dari LiveStrong, berolahraga dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh sehingga gejala penyakit lambung yang dirasakan juga akan berkurang.

Namun, jenis olahraga dan intensitas olahraga yang dilakukan perlu disesuaikan agar tidak memperparah gejala yang muncul dan mengurangi penyakit lambung untuk sering kambuh.

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan saat sakit lambung, seperti:

  • Berjalan kaki
  • Easy run atau lari santai
  • Yoga
  • Pilates
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Hiking atau berjalan kaki di alam terbuka
  • Kayaking atau olahraga kayak
  • Tai chi
  • Rock climbing atau panjat tebing
  • Latihan kekuatan dengan lebih banyak pengulangan, namun menggunakan beban yang lebih ringan

Jenis dan intensitas olahraga yang dilakukan perlu disesuaikan sehingga tidak menambah beban pada area abdomen, yang juga akan membuat gejala sakit lambung semakin serius.

Anda yang melakukan olahraga yoga dan pilates juga diimbau untuk menghindari gerakan inversi dan membungkuk karena bisa memberikan tekanan berlebih pada abdomen.

Baca juga: Apakah saat Kaki Sakit, Olahraga Harus Terus Dilanjutkan?

Tip berolahraga saat sakit lambung

Meskipun berolahraga dapat mengurangi gejala penyakit lambung yang dialami, beberapa jenis olahraga justru akan mengurangi aliran darah ke area pencernaan sehingga memicu terjadinya inflamasi dan iritasi.

Beberapa gerakan olahraga juga dapat memberikan tekanan berlebih pada perut dan dada sehingga dapat memperparah gejala yang muncul.

Anda yang ingin berolahraga saat sedang sakit lambung perlu melakukan penyesuaian yang diperlukan sehingga gejala yang muncul tidak semakin parah.

Melansir Healthline, ada beberapa tip berolahraga saat sakit lambung yang bisa dicoba, seperti:

  • Menghindari jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi, seperti berlari, angkat beban, lompat tali, dan naik tangga
  • Menghindari makan dalam dua atau tiga jam sebelum berolahraga
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung, seperti tomat, jeruk, kopi, dan makanan yang digoreng

Memperhatikan jenis olahraga yang dianjurkan saat sakit lambung sangatlah penting sehingga Anda bisa menghindari munculnya gejala yang lebih serius.

Meskipun begitu, tidak semua orang dapat mengambil manfaat dari olahraga saat sakit lambung dan justru akan mengalami gejala yang lebih parah.

Untuk itu, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berolahraga saat sakit lambung dan segera mencari bantuan medis ketika gejala yang muncul bertambah serius atau tidak kunjung sembuh.

Baca juga: Bolehkah Olahraga saat Sakit Flu? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com