Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 18/11/2023, 10:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga menjadi salah satu cara yang sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun, beberapa orang mungkin sering menunda aktivitas olahraga karena belum memiliki waktu luang.

Menariknya beberapa jenis olahraga ternyata dapat dilakukan dengan durasi yang lebih singkat yaitu selama 15 menit sehingga tidak mengganggu rutinitas harian Anda. 

Lantas, apakah olahraga 15 menit per hari bisa memberi efek positif dalam menurunkan berat badan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Kapan Jam Olahraga yang Baik untuk Menambah Berat Badan?

Apakah olahraga 15 menit sehari bisa menurunkan berat badan?

Dilansir dari Womens Health, olahraga 15 menit sehari terbukti memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam durasi 15 menit yaitu High Intensity Interval Training (HIIT) dan latihan kekuatan.

  • High Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba selama 15 menit untuk menurunkan badan adalah latihan interval intensitas tinggi atau HIIT (High Intensity Interval Training).

Latihan HIIT adalah jenis olahraga dengan intensitas berat yang dilakukan dalam durasi waktu yang singkat yaitu sekitar 10 hingga 30 menit.

Olahraga penurun berat badan ini terbagi menjadi beberapa sesi dengan gerakan yang sama namun dengan intensitas yang berbeda alias akan bertambah semakin tinggi di selingi dengan waktu istirahat.

Olahraga HIIT yang berlangsung selama 4 hingga 15 menit dapat membakar kalori lebih banyak.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Dalam penelitian tersebut, seorang pria yang melakukan 13 menit HIIT dapat lebih banyak membakar kalori per menit dan menghirup oksigen secara maksimal sebesar 12,5 persen dibandingkan dengan pria yang melakukan kardio steady-state selama 40 menit.

Baca juga: 7 Olahraga untuk Menambah Berat Badan, Termasuk Olahraga Kardio

  • Latihan kekuatan

Selain dengan olahraga HIIT, cara olahraga menurunkan berat badan lainnya adalah dengan mengikuti latihan kekuatan selama 11 hingga 15 menit.

Dalam sebuah studi dari Universitas Illinois Selatan, para peneliti menemukan bahwa seseorang yang melakukan 11 menit latihan kekuatan selama tiga hari dalam seminggu dapat meningkatkan metabolisme istirahat tubuh lebih maksimal.

Hal tersebut akan memicu pembakaran lemak yang lebih banyak walaupun tidak melakukan aktivitas, sehingga memberikan efek penurun berat badan yang efektif.

Bukan hanya bisa menurunkan berat badan saja, menurut penelitian yang diterbitkan pada 27 Oktober 2022 oleh European Heart Journal, olahraga dengan durasi 15 menit setiap minggu dikaitkan dengan risiko kematian 18persen lebih rendah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com