Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jam Olahraga dalam Sehari agar Perut Tidak Buncit? Begini Kata Dokter

Kompas.com - 15/09/2023, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Olahraga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mencegah perut buncit. Namun, beberapa orang mungkin bertanya-tanya berapa jam olahraga dalam sehari agar perut tidak buncit?

Sebelum menyimak jawabannya, Anda mungkin perlu mengetahui macam-macam penyebab perut buncit berikut.

Baca juga: 5 Penyebab Perut Buncit, Pantang Disepelekan

Apa penyebab perut buncit?

Perut buncit adalah kondisi ketika perut tampak besar yang bisa dialami siapa pun, baik orang bertubuh kurus maupun gemuk.

Dilansir dari WebMD, perut buncit umumnya disebabkan karena penumpukan lemak di rongga perut atau disebut lemak visceral.

Lemak ini sebenarnya berperan untuk melindungi organ penting, seperti hati dan pankreas. Akan tetapi, jika berlebihan lemak tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes melitus hingga penyakit jantung.

Karena itu, Anda mungkin perlu mengetahui beberapa penyebab perut buncit berikut:

  • Gaya hidup tidak sehat, seperti jarang berolahraga, pola makan tinggi gula, kalori, dan lemak, hingga konsumsi alkohol
  • Stres berlebihan yang memengaruhi hormon kortisol
  • Asites atau penimbunan cairan di rongga perut, biasanya karena penyakit hati atau gagal ginjal
  • Konstipasi atau sembelit
  • Kehamilan.

Baca juga: Perut Buncit dan Keras Tanda Penyakit Apa?

Berapa jam olahraga dalam sehari agar perut tidak buncit?

Dokter tim sepak bola Persis Solo, dr. Iwan Wahyu Utomo, memaparkan beberapa contoh olahraga untuk mencegah perut buncit, yaitu lari, bersepeda, renang, sit-up partial, hingga plank.

Menurut Iwan, olahraga untuk mengecilkan dan mencegah perut buncit sebaiknya dilakukan dengan rutin setiap hari selama 30 menit atau setengah jam hingga satu jam.

dr. Iwan Wahyu Utomo menjelaskan berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga agar perut tidak buncit dr. Iwan Wahyu Utomo menjelaskan berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga agar perut tidak buncit

"Kalau durasi olahraga itu kan sebenarnya 30-60 menit ya. Apakah itu harus tiap hari, jawabanya iya, karena olahraga sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas dan waktu 30 menit itu sebenarnya kan tidak lama," ucap dokter Iwan kepada Kompas.com, Kamis (14/9/2023).

Akan tetapi jika seseorang tidak dapat berolahraga setiap hari karena kesibukan harian, Iwan menyarankan untuk olahraga dengan intensitas dan frekuensi yang teratur.

"Kalau memang kesibukan membuat kita nggak bisa olahraga rutin setiap hari, diusahakan tetap stabil dan dinamis ya. Mungkin olahraga intensitas sedang, seperti sepedaan atau renang bisa dilakukan seminggu sebanyak tiga kali," kata dokter yang berbasis di Solo ini.

"Di antara hari saat tidak bersepeda, bisa diselipi dengan senam, jalan di tempat, lari, atau jalan kaki keliling komplek, yang penting olahraga yang berkesinambungan," imbuhnya.

Baca juga: Kenali Apa itu Obesitas Sentral, Perut Buncit yang Perlu Diwaspadai

Setelah mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga agar perut tidak buncit, kita dapat mulai membiasakan diri dengan latihan ringan sesuai kemampuan tubuh masing-masing.

Selain berolahraga, Anda disarankan untuk menerapkan pola makan sehat, seperti menghindari porsi berlebihan atau menyesuaikan kebutuhan kalori harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com