Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ana Indrayati
Dosen

Penulis memiliki ketertarikan menulis artikel ilmiah populer, beberapa artikel telah dimuat di Pikiran Rakyat Bandung dan Suara Merdeka (2023)

Mycoplasma, Bakteri Terkecil Penyebab Pneumonia

Kompas.com - 21/12/2023, 16:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KATA pneumonia berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu ‘pneumon’ (paru-paru) dan ‘ia’ (penyakit), sehingga pneumonia diartikan sebagai penyakit pada paru-paru.

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara (alveolus) di salah satu atau kedua paru-paru.

Alveolus dapat terisi cairan atau nanah menyebabkan batuk berdahak atau nanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas.

Pneumonia diklasifikasikan berdasarkan di mana dan bagaimana penyakit didapat, yang terdiri atas:

  1. Hospital-acquired pneumonia (HAP), pneumonia yang didapatkan di rumah sakit
  2. Community-acquired pneumonia (CAP), pneumonia komunitas yaitu pneumonia yang diperoleh dari lingkungan di masyarakat bukan dari rumah sakit
  3. Ventilator-associated pneumonia (VAP), pneumonia yang disebabkan oleh penggunaan ventilator
  4. Aspiration pneumonia, pneumonia yang terjadi karena masuknya benda asing ke dalam paru-paru seperti makanan, minuman serta benda asing lainnya.

Pneumonia disebabkan oleh berbagai organisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Beberapa bakteri penyebab pneumonia adalah Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Haemophilus influenzae dan Legionella pneumophila.

Virus penyebab pneumonia di antaranya adalah Respiratory syncytial virus (RSV), Rhinovirus, Influenza virus (A, B C), Human metapneumovirus, Parainfluenza virus (tipe 1, 2, 3, dan 4), Human bocavirus, Adenovirus, Enteroviruses, Varicella-zoster virus, Hantavirus, Parechoviruses, Epstein-Barr virus (EBV), Human herpesvirus (6 dan 7), Herpes simplex virus, Minimi virus, Cytomegalovirus (CMV), Measles, Middle East Respiratory Syndrome (Coronavirus), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Sedangkan jamur penyebab pneumonia adalah Pneumocystis jirovecii, Cryptococcus dan Histoplasma.

Mycoplasma pnuemoniae

Salah satu bakteri penyebab pneumonia adalah Mycoplasma pneumoniae (MPP atau MP).
Mycoplasma merupakan bakteri terkecil di dunia dengan ukuran 0,58-2,20 mega basa (Mb).

Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bakteri Escherichia coli, yaitu 4,64 Mb.

Bakteri tidak memiliki dinding sel sehingga kebal terhadap antibiotik beta laktam, yaitu antibiotik yang target kerjanya adalah merusak dinding sel bakteri.

Dinding sel merupakan struktur pelindung sel bakteri yang tersusun atas peptidoglikan.

Mycoplasma bergerak dengan cara unik, yaitu gliding (bergerak dengan cara meluncur pada permukaan), umumnya bakteri bergerak menggunakan flagella, pili atau silia.

Mycoplasma dapat diinaktivasi oleh sinar UV, gelombang mikro, radiasi gamma, panas lembab (121°C selama minimal 20 menit) dan panas kering (165-170°C selama 2 jam). Bakteri dapat bertahan hidup sekitar 4 jam di udara.

Infeksi MP menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas dan bawah. Gejala dari infeksi saluran pernafasan atas meliputi sakit tenggorokan, suara serak, demam, batuk, sakit kepala, kedinginan, nyeri otot, sakit telinga, letih.

Sedangkan gejala dari infeksi saluran pernafasan bawah meliputi batuk, sesak nafas, pembengkakan kelenjar, dan mengi (nafas berbunyi).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com