Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Mengonsumsi Udang untuk Kesehatan

Kompas.com - 18/02/2024, 12:00 WIB
Khairina

Editor

KOMPAS.com- Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam udang sangat bermanfaat bagi kulit, jantung, tulang maupun tubuh secara umum.

Udang adalah sumber protein yang tinggi. Dalam 100 gram udang, terdapat protein sebanyak 20 gram dan hanya mengandung sekitar 84 kalori,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinis dr Ida Gunawan MS Sp GK, di Jakarta, Jumat (18/2/2024), seperti ditulis Antara.

Mengutip Healthline, dalam 85 gram udang terkandung: 

Kalori: 84.2
Protein: 20.4 gram
Zat besi: 0.433 miligram
Fosfor: 201 miligram
Potasium: 220 miligram
Zinc: 1.39 miligram
Magnesium: 33.2 miligram
Sodium: 94.4 miligram

Baca juga: 8 Manfaat Udang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Menurut Ida, udang adalah bahan makanan yang tinggi protein tetapi rendah kalori, sedangkan protein sendiri adalah bahan dasar pembentukan sel-sel baru dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, udang juga mengandung zat antioksidan yaitu astaxanthin yang bukan merupakan antioksidan biasa karena memiliki kekuatan lebih tinggi dibandingkan vitamin C dan vitamin E.

Astaxanthin dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas seperti sinar UV, polusi, dan rokok yang berpotensi menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, keriput, dan berpigmen.

“Astaxanthin turut mampu meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas pada kulit sehingga tetap kencang dan halus,” kata Ida.

Baca juga: Alergi Udang: Ciri-ciri dan Cara Mengatasi

Astaxanthin sekaligus meningkatkan kelembapan kulit dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, yakni senyawa yang dapat menahan air di dalam kulit sehingga menjadi lembap dan lebih sehat.

Tidak hanya untuk kulit, asam lemak Omega-3 yang terkandung di dalam udang ternyata berperan untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, dan otak.

Kalsium, fosfor, dan magnesium yang juga terdapat di dalam udang pun penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

“Ada lagi zinc yang bisa membantu memperkuat akar rambut sehingga rambut jadi tidak mudah rontok,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com