Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Jerawat Jamur yang Muncul di Punggung

Kompas.com - 18/02/2024, 22:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memperhatikan dan merawat penampilan tubuh menjadi hal yang penting bagi kebanyakan orang.

Memiliki keluhan jerawat yang muncul di punggung atau “bacne” tentu membuat kita terganggu. Jerawat yang muncul di punggung bisa jadi jerawat jamur atau jerawat biasa.

Beberapa perawatan dan pengobatan yang tepat bisa membantu menangani kondisi penyakit ini dan membuat kulit kembali normal lebih cepat.

Apa penyebab jerawat jamur di punggung?

Melansir Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), munculnya jerawat di punggung tentu memiliki penyebab pasti.

Dalam dunia kesehatan, jerawat di punggung bisa disebabkan oleh penyakit kulit yang dipicu oleh jerawat akibat jamur atau istilah medisnya disebut dengan Malassezia Folliculitis (MF).

Keadaan ini diakibatkan oleh jamur golongan Malassezia.  Jamur ini dapat kita temukan pada 75-98 persen kulit orang sehat. 

Kerusakan kulit atau lesi akibat jamur Malassezia Folliculitis (MF) banyak ditemukan pada area punggung bagian atas, dada, bahu dan lengan atas. 

Beberapa penelitian menyebutkan jerawat akibat jamur banyak ditemukan pada usia sekitar 12-62 tahun dengan rata-rata paling banyak pada usia 26 tahun.

Keluhan jerawat akibat jamur di punggung ini adalah rasa gatal yang begitu kuat dan menganggu. Bentuk jerawat ini sendiri berupa bintil merah, hingga benjolan kecil berisi nanah.

Jerawat jamur di punggung ini seringkali sulit dibedakan dengan jerawat biasa ataupun infeksi folikel rambut oleh bakteri yang disebut bakterial folikulitis, sehingga perlu beberapa pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis.

Jerawat jamur pada punggung sering ditemukan pada area tengah punggung, sedangkan jerawat biasa biasanya akan muncul pada area samping atau tepi punggung. Pada jerawat biasa, juga bisa ditemukan komedo sedangkan pada jerawat jamur tidak ditemukan. 

Cara mengobati 

Jerawat jamur di punggung dapat diobati dengan pendampingan dari dokter secara langsung untuk dilakukan pemeriksaan klinis. Pasien yang terinfeksi jerawat jamur akan mendapat pengobatan anti jamur selama sebulan.

Selain itu perlu kesadaran dalam merawat bagian tubuh, supaya penyakit kulit lainnya tidak bertambah. 

Cara merawat kulit punggung yang berjerawat

Saat kondisi punggung kita berjerawat, tentu yang harus kita lakukan adalah merawat bagian tersebut supaya bisa menghilangkan jerawat punggung dan membuatnya tidak bertambah parah.

Perawatan dengan hasil maksimal bisa dilakukan dengan memakai cara-cara yang ramah jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com