Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Endometriosis dan Konsekuensinya Terhadap Kehamilan

Kompas.com - 08/03/2024, 16:00 WIB
Khairina

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Endometriosis dapat menimbulkan konsekuensi pada proses kehamilan.

Endometriosis adalah kelainan yang terjadi karena jaringan endometrium, yakni bagian rahim yang menjadi tempat menempel ovum atau sel telur setelah dibuahi,  tumbuh pada bagian luar dinding rahim.

"Karakter dinding rahim penderita endometriosis agak berbeda dengan non-endometriosis, dan ini sering kali menimbulkan konsekuensi pada proses kehamilan, di mana proses implantasi menjadi tidak optimal," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta Dr.dr.Kanadi Sumapraja Sp.OG Subsp.FER, Jumat (8/3/2024), di Jakarta, seperti ditulis Antara.

Baca juga: Bikin Wanita Sulit Hamil, Apa Penyebab Endometriosis?

Kanadi menjelaskan, karakter dinding rahim pada penderita endometriosis menyebabkan proses implantasi atau pelekatan embrio pada dinding rahim tidak optimal dan dapat menimbulkan komplikasi kehamilan.

Menurut Kanadi, proses implantasi yang tidak optimal sering menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan preeklamsia atau peningkatan tekanan darah pada masa kehamilan.

"Pertumbuhan janin yang terhambat karena proses implantasi yang tidak baik di awal, preeklampsia juga salah satu bentuk komplikasi dalam kehamilan akibat proses implantasi yang tidak baik ini," katanya.

Kanadi menyampaikan bahwa endometriosis tidak akan serta merta sembuh setelah hamil dan menyusui, membantah mitos bahwa endometriosis akan sembuh setelah menikah dan melahirkan.

Baca juga: 4 Posisi Seks untuk Menghindari Nyeri pada Pengidap Endometriosis

Menurut dia, nyeri haid akibat endometriosis bisa datang kembali setelah melahirkan meskipun persalinan dilakukan dengan operasi sesar.

"Bisa dikatakan endometriosis bukan hanya penyakit yang progresif, namun dengan angka kekambuhan yang tinggi, meskipun sudah terapi obat dan operasi," kata Kanadi.

Ia menjelaskan pula bahwa endometriosis bukan penyakit yang dapat dicegah di awal, tetapi dapat ditangani secara tepat setelah dideteksi.

Komplikasi kehamilan pada perempuan yang mengalami endometriosis, menurut dia, bisa diminimalkan dan dicegah dengan bantuan dari dokter ahli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com