Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan China Makin Populer di Amerika Serikat

Kompas.com - 29/06/2009, 22:45 WIB

KOMPAS.com - Ketika Dr. Francis Yu memulai klinik akupunktur di California pada 1970-an, kebanyakan pasiennya adalah orang China, tapi sekarang, separuh pasiennya bukan orang China.
    
"Makin banyak orang Amerika non-China mulai menerima cara pengobatan China, seperti akupunktur, kop dan obat herbal. Kebenaran lain ialah, setidaknya di California, hampir separuh mereka yang memiliki izin praktek akupunktur dan mengelola klinik akupunktur bukan orang China tapi orang Amerika yang tidak mengetahui bahasa China," kata Yu, yang memiliki TCM Healing Institute di gedung berlantai dua di Arcadia, pinggiran Los Angeles.

Pernyataan Dr. Yu bergema di beberapa laporan pers belakangan ini bahwa obat alternatif menemukan penerimaan yang lebih luas oleh dokter, perusahaan asuransi dan rumah sakit di AS.

Orang beralih ke pengobatan non-konvensional dan obat herbal untuk mengobati bermacam penyakit mulai dari sengatan hawa panas sampai gangguan tidur hingga kanker dan sakit jantung.

Mereka mengingini "perawatan" lebih dalam perawatan kesehatan mereka sementara makin banyak orang tak percaya pada perusahaan obat dan pemerintah.

California menjadi negara bagian pertama AS yang mengeluarkan izin praktik bagi tabib akupunktur yang berkualitas sebagai penyedia perawatan dasar pada 1978.

Hingga 2004, California telah memberi izin lebih dari 9.000 ahli akupunktur. Kini, jumlah tersebut diperkirakan melebihi 15.000. California merupakan hampir separuh dari seluruh ahli akupunktur di AS.

Dr. Yu mengatakan kepada wartawan kantor berita China, Xinhua, George Bao, pada awalnya, akupunktur tak diterima dan dihormati oleh arus utama.

Kebanyakan orang Amerika tak menganggap akupunktur sebagai pengobatan pilihan, tapi saat waktu berlalu dan ketika makin banyak  rumah sakit AS serta lembaga penelitian mendirikan pusat pengobatan akupunktur, makin banyak pula orang Amerika beralih ke obat herbal dan akupunktur China guna mengobati berbagai penyakit konvensional yang tak dapat disembuhkan oleh para dokter Amerika.

Ia mengatakan baru-baru ini seorang perempuan Amerika yang berusia 40-an tahun datang dari Florida untuk mengobati nyeri di tengkuknya.

Tetapi Dr. Yu memberitahu dia bahwa ia harus menghilangkan "plaque" di pembuluh darahnya. Ia menjalani pengobatan kop selama beberapa kali dan ketika ia kembali ke Florida, dokternya memberitahu dia bahwa "plague" tersebut telah hilang dan ia jauh lebih sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com