Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisang Sehatkan Usus Besar

Kompas.com - 02/04/2011, 11:16 WIB

Kompas.com - Apa persamaan pisang dengan jagung, telur, ikan salmon, dan bayam? Sebuah vitamin yang sangat baik bagi usus besar Anda! Vitamin itu adalah B6. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa dengan asupan vitamin B6 yang cukup setiap hari, maka Anda dapat terhindar dari risiko terkena kanker usus dan dubur.

Dalam sebuah penelitian besar yang mencari kaitan vitamin B6 dengan kesehatan usus besar, mereka yang memiliki asupan vitamin B6 tertinggi dari makanan dan suplemen ternyata memiliki sangat sedikit peluang terkena kanker kolorektal (kanker yang mengenai kolon dan rektum) hingga 20-30%. Dan penelitian ini hanya baru menunjukkan satu dari sekian banyak manfaat vitamin B6. Para peneliti menduga bahwa vitamin B6 berperan dalam memaksimalkan kerja folat dalam tubuh sehingga proses buang air besar menjadi lancar.

Selain usus besar yang sehat, vitamin B6 juga membantu mencegah penyakit parkinson dan depresi. Sebaiknya, konsumsi pisang sebanyak 1½-2 pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B6 dan folat.

Agar tak bosan dengan mengonsumsi pisang biasa, variasikan pisang dengan beberapa cara berikut ini:

- Jadikan sebagai pengganti selai pada roti gandum. - Campur es krim rendah/bebas lemak rasa cokelat dengan pisang. - Ganti keju dengan pisang sebagai isi cracker beras Anda saat mengudap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com