Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Sayur untuk Pelumas Seks?

Kompas.com - 07/03/2012, 07:59 WIB

TANYA :

Dok, apakah aman apabila saya bercinta dengan suami menggunakan minyak sayur sebagai pelumas? Padahal di saat bercinta, saya sering merasakan perih.  Minyak sayur saya jadikan pelumas karena diberitahukan oleh orang tua saya. Perlukan sebenarnya pelumas untuk melakukan hubungan seks? Apakah ada jenis pelumas yang aman. Terimakasih....

(Dewi, 28, Jakarta)

JAWAB :

Sebenarnya tidak ada alasan menggunakan pelumas ketika melakukan hubungan seksual, apalagi minyak sayur. Kalau Anda gunakan itu karena perlendiran vagina tidak terjadi ketika akan melakukan hubungan seksual, tentu bukan begitu jalan keluarnya. Kalau Anda terangsang tetapi tidak mengalami perlendiran vagina yang cukup, berarti Anda mengalami gangguan fungsi seksual.

Demikian juga kalau perlendiran tidak terjadi karena Anda merasa tidak bergairah ketika melakukan hubungan seksual. Kedua gangguan fungsi seksual ini harus diatasi sesuai penyebabnya. Untuk itu diperlukan evaluasi dan pemeriksaan.

Dengan pengobatan yang tepat, gangguan ini dapat diatasi. Saya sarankan Anda dan suami tidak membiarkan gangguan ini berlangsung lebih lama. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com