Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2013, 11:54 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong


KOMPAS.com -Refluks terjadi akibat naiknya asam lambung ke esofagus karena belum sempurnanya katub antara lambung dan esofagus. Saat mengalami refluks, biasanya seseorang akan mengalami gejala rasa panas dan terbakar di sekitar dada.

Selama ini pengobatan refluks dilakukan dengan obat yang dapat mengurangi asam lambung. Namun sebenarnya refluks dapat dicegah dengan pengelolaan asam lambung yang tepat.

Simaklah 9 cara alami mengelola asam lambung berikut ini.

1. Kurangi berat badan

Sebuah studi di tahun 2005 pada 453 responden mengungkapkan, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko dari gejala refluks asam lambung. Studi yang dipublikasi dalam The American Journal of Gastroenterology itu juga menyebutkan, diet sehat seperti memilih lemak sehat, sayuran berdaun dan berbunga, kaya serat dan karbohidrat kompleks mampu membantu menstabilkan gula darah dan mengoptimalkan kerja hormon pembakar lemak.

2. Kurangi makanan pemicu refluks

Beberapa makanan seperti jeruk, tomat, bawang putih, dan beberapa jenis makanan lain dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih sehingga meningkatkan risiko refluks. Meskipun reaksinya berbeda pada setiap orang, ada baiknya Anda mewaspadai risiko tersebut saat mengkonsumsinya.

3. Minum cukup air

Sejumlah peneliti setuju refluks dapat dipicu oleh keadaan dehidrasi pada saluran pencernaan atas. Meski begitu, minum banyak air saat waktu makan juga dapat membuat perut cepat penuh dan justru memicu refluks. Oleh karena itu, sebaiknya minum air dilakukan sekitar satu jam sebelum makan.

4. Hindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Menurut beberapa studi, mengurangi gula dan makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala refluks. Sebuah studi bahkan menyebutkan, karbohidrat lebih berperan memicu refluks dibandingkan dengan kopi ataupun lemak.

5. Kurangi gluten

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan, gejala refluks banyak ditemukan pada mereka yang memiliki penyakit seliak. Maka mengurangi konsumsi gluten bisa menjadi solusi menghindari gejala tersebut.

6. Makan perlahan

Menurut studi yang dimuat dalam The American Journal of Gastroenterology, mereka yang terburu-buru saat makan cenderung untuk mengalami refluks. Maka cobalah untuk menikmati makanan Anda lebih lambat. Ingat, 20 menit merupakan waktu yang dibutuhkan oleh otak untuk menerima pesan bahwa Anda sudah kenyang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com