Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riwayat Keguguran dan Caesar Tak Aman Melahirkan Normal?

Kompas.com - 19/10/2013, 10:51 WIB
Tanya:
Dok, saya ibu dari dua anak (9 dan 7,5 tahun) dengan riwayat lima kali hamil, tiga kali kuretase karena kehamilan kosong atau Blighted Ovum (BO), dan dua kali melahirkan caesar pada usia 33 dan 34,5 tahun. Saat ini saya hamil sembilan minggu dalam usia 42 tahun. Jika kelak ingin melahirkan dengan cara normal, apakah masih memungkinkan? Atau lebih baik dengan cara caesar lagi? Terima Kasih atas jawabannya.
Amalia Ilmiawati (42), Purwokerto

Jawab:
Ibu Amalia Yth,
Kalau melihat riwayat kehamilan ibu, ini termasuk risiko tinggi. Sangat tidak dianjurkan untuk persalinan normal pada bekas caesar dua kali. Dan dianjurkan untuk Caesar ketiga langsung tubektomi (steril). Saat ini ibu hamil pada usia 42 tahun, ini juga risiko tinggi. Tapi ibu sabar saja, tenang, hadapi hamil dengan penuh pengertian. Upayakan tubuh tetap sehat. Demikian pendapat saya, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com