Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2013, 10:09 WIB


TANYA :  

Saya pernah menjadi pasien psikiater tahun 2008 saat saya berhenti menjadi pengguna ganja. Tetapi setelah beberapa tahun kemudian gangguan tersebut datang lagi ( rasa cemas, takut, dll). Bahkan, setahun lalu sempat seperti ada suara aneh di telinga saya tapi setelah konsul lagi gangguan itu hilang. Saat saya menulis ini, kondisi saya sedang tidak oke. Saya seorang video jurnalis, sekarang kalau mengerjakan tugas yang agak ekstrim saya menjadi takut dan cemas. Mohon petunjuknya Dok.  Terima kasih.

(Sonny, 44, Jakarta)


JAWAB :

Pak Sonny yang baik,


Gejala pascapenggunaan zat seperti ganja memang bisa dialami oleh banyak pengguna ganja. Biasanya, ada gejala halusinasi yang nyata atau perasaan cemas kalau sudah tidak menggunakannya lagi.

Walaupun efek penggunaan obat seperti ganja itu kepada setiap orang berbeda-beda, lebih baik hindari sama sekali penggunaan ganja. Gangguan kecemasan bisa terjadi lama setelah penggunaan zat narkotika sudah tidak lagi.

Jadi, bisa saja hal yang terjadi pada bapak adalah kelanjutan dari gejala bapak dahulu atau memang masalah baru yang datang dalam kondisi kejiwaan bapak.

Saya pikir, ada baiknya bapak kembali berobat ke psikiater yang pernah menangani bapak. Apalagi bapak mengatakan bisa  merasa lebih baik dengan pengobatannya dulu. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com