Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2014, 12:37 WIB
Tanya:
Saya mau bertanya, saya baru saja menikah satu tahun setengah dan saya langsung ikut program KB dengan pil bukan suntikan. Ada beberapa alasan yang membuat saya tidak siap kalau harus punya anak dulu. Saya berencana meneruskan KB sampai genap dua tahun. Bagaimana dengan keadaan rahim saya, apa tidak keringkah? Apa saya bisa langsung cepat hamil kalau pil KB saya hentikan? Terima kasih.
(Siti Khodijah, 23, Surabaya)

Jawab:
Keputusan untuk menunda kehamilan merupakan hak yang harus di hormati. Namun demikian ada pertimbangan medis yang perlu juga diperhatikan.

Upayakan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kista ovarium dan miom uteri. Lakukan juga  pap smear untuk meyakinkan leher rahim sehat. Catat terus siklus haid nya. Bila semua normal, maka pemakaian pil menjadi pilihan yang aman.

Tidak akan ada rahim kering, dan segera kembali subur bila pil KB di hentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com