Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Salah Pakai Kacamata sejak Kecil Bisa Bikin Juling!

Kompas.com - 17/04/2015, 07:17 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Saat ini makin banyak anak-anak yang sudah memakai kacamata karena mereka mengalami gangguan rabun jauh. Pemakaian kacamata sejak kecil harus diperhatikan dengan baik karena dampaknya jangka panjang.

Ketua Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (IROPIN) dr.Dian Leila Sari mengatakan, pemakaian kacamata yang benar jika jarak pupil dengan titik fokus lensa pada kacamata sama. Jika tidak sama, pemakaian dalam jangka panjang bisa saja membuat mata menjadi juling atau dalam bahasa medis disebut strabismus.

“Kalau tidak sama, otot bola matanya bisa tidak simetris. Otot bola mata yang dipaksa tidak lurus terus menerus, akhirnya jadi juling. Karena otot bola mata lari-lari mencari pusat optik yang jelas yang mana,” terang Dian dalam diskusi di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Dian menjelaskan, setiap orang memiliki jarak pupil yang berbeda. Tidak semua jarak pupil mata kiri dan kanan pun sama. Itulah mengapa kacamata tidak bisa dipinjamkan pada orang lain.

Kacamata yang sesuai akan membantu penglihatan lebih jernih dan menjaga kesehatan mata. Biasanya, jika memakai kacamata dengan jarak pupil dan titik fokus lensa yang tidak pas, akan membuat seseorang merasa pusing. Segera ganti kacamata jika merasa tidak nyaman.

Perlu pemeriksaan mata sebelum menggunakan kacamata. Nantinya ahli mata akan memberikan kacamata yang cocok sesuai dengan hasil pemeriksaan atau pengukuran mata,. Pembelian kacamata pun harus di tempat yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com