Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Dilakukan Saat Rasa Ingin "Ngemil" Menyerang

Kompas.com - 10/07/2015, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Rasa ingin makan sesuatu (food craving) meski sebenarnya jam makan masih lama, bagaikan rumput liar di taman Anda. Mereka muncul kapan saja dan jika tidak diatasi lama-kelamaan taman cantik Anda akan menjadi penuh ilalang.

Memang food craving atau keinginan ngemil merupakan sifat alami manusia. Tetapi, jika keinginan itu terus kita penuhi Anda akan tahu akibatnya. Kegemukan yang memicu berbagai penyakit.

Sebenarnya ada cara cepat dan sehat untuk mengatasi rasa ingin ngemil. Ikuti beberapa langkah berikut untuk mengalihkan perhatian otak dari food craving.

- Kunyah permen karet
Saat kita mengunyah permen karet, gerakan mengunyah berulang akan mengirim sinyal ke bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kepuasan. Jika otak mengira Anda sedang makan, kita akan mulai merasa kenyang.

Rasa manis juga akan mengaktifkan pelepasan zat di otak yang menimbulkan rasa senang, yakni serotonin. Kadar serotonin yang rendah bisa menyebabkan rasa ingin ngemil tak tertahankan.

- Sikat gigi
Simpanlah sikat dan pasta gigi di laci meja Anda dan ambilah perlengkapan ini saat rasa lapar menyerang. Rasa mint atau rasa pasta gigi bisa membuat makanan jadi kurang menarik. Selain penelitian menunjukkan mint termasuk dalam penekan rasa lapar.

Walau begitu, jangan terlalu sering menyikat gigi karena jika berlebihan dapat mengikis lapisan email gigi. Sebagai alternatif, Anda bisa menyiapkan infused water yang diberi daun mint.

- Ngobrol
Saat kita merasa sedang tertekan di kantor, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol yang mengirimkan sinyal ke otak untuk mencari ganjaran (reward). Mengasup makanan berlemak atau mengandung gula akan mengurangi kortisol dan menghentikan stres sementara waktu.

Pada dasarnya keinginan ngemil bertujuan untuk membuat kita lebih nyaman dan bahagia. Karena itu semua distraksi yang bisa merangsang rasa bahagia, selain makan, bisa kita lakukan saat stres. Misalnya ngobrol dengan rekan sekerja yang akrab dengan Anda atau menonton video lucu di Youtube sebentar.

- Main game
Tak ada salahnya meng-instal video game di ponsel Anda. Memainkan game klasik seperti Tetris selama 3 menit terbukti bisa mengurangi keinginan ngemil, minum kopi, dan juga merokok, sampai 24 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com