Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2015, 11:31 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain menjaga pola makan seimbang, olahraga juga sangat penting dilakukan oleh penyandang diabetes. Olahraga bisa membuat gula darah dapat masuk ke dalam sel-sel otot.

“Orang yang butuh insulin, ternyata tanpa insulin, gula bisa masuk ke dalam otot kalau dia lagi olahraga,” ujar dokter Spesialis Penyakit Dala, Simon Salim dalam Media Briefing Noncommunicable Diseases di Jakarta, Senin (16/11/2015).

Simon menjelaskan, insulin bertugas membuka ‘pintu’ agar gula darah bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Pada pasien diabetes, bisa terjadi resistensi insulin maupun kekurangan insulin. Tanpa insulin, gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel-sel.

Simon mengatakan, jika olahraga dilakukan secara teratur, bahkan bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Inilah yang membuat insulin dalam tubuh menjadi cukup, sehingga memperbaiki kadar gula darah.

“Makanya dalam buku yang pernah saya baca, disebutkan bahwa olahraga atau exercise is invisible insulin atau insulin yang enggak kelihatan. Kalau exercise, gulanya turun,“ terang Simon.

Namun, pada pasien diabetes tidak disarankan melakukan olahraga berlebihan, seperti lari marathon. Olahraga berlebihan tanpa memerhatikan kadar gula darah terlebih dahulu justru bisa menyebabkan kekurangan gula darah atau hipoglikemia. Olahraga yang disarankan, yaitu aerobik, seperti lari, berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan senam.

Olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan terlebih dahulu. Lakukanlah secara rutin sekitar 30 menit per hari atau setidaknya tiga kali dalam seminggu. Olahraga pun sangat penting untuk mencegah seseorang terkena diabetes.

“Kalau olahraga rutin, dapat mencegah risiko kencing manis sebesar 50 persen,” kata Simon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com