Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iyengar Yoga, Ini Bedanya dengan Yoga Jenis Lain

Kompas.com - 14/12/2015, 19:31 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Google Doodle menandai hari ini sebagai hari ulang tahun salah satu Mahaguru yoga di dunia, Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar yang seharusnya hari ini berusia 97 tahun.

Ketika masih kecil, Iyengar pernah menderita penyakit TBC, tifoid dan malaria. Ia adalah anak yang sakit-sakitan. Hingga ia mengenal yoga dan rutin berlatih yoga membantunya meraih kesehatan yang prima, yang jarang dimiliki oleh orang lain. BKS Iyengar meninggal dunia pada tahun 2014.  

Sama seperti aliran yoga lainnya, Iyengar yoga didasarkan pada delapan aspek yoga (ashtanga yoga). Namun kemudian, BKS Iyengar merumuskan kedelapan ashtanga tersebut berdasarkan pengalamannya, dan pengalamannya berdasarkan penelitian dan riset yang mendalam.

Iyengar yoga dikembangkan untuk memungkinkan semua orang  berlatih yoga dengan lebih  mudah dan lebih tepat.

Lebih spesifiknya, Iyengar yoga melatih orang untuk fokus pada setiap asana (pose) dan pranayama (pernapasan) dengan intens.

Untuk menolong orang melakukan pose-pose yoga  dengan lebih mudah dan benar, BKS Iyengar mendesain properti seperti blok, tali, belt dan lain sebagainya, sebagai alat bantu.

Iyengar juga menekankan, bahwa saat melakukan asana tertentu, kita harus memastikan bahwa postur dan  struktur anatomi tubuh kita selaras dan benar.

Iyengar percaya, bahwa jika asana dilakukan dengan benar (sesuai petunjuk dari guru yoga yang terlatih), bisa membantu  tubuh dan pikiran menjadi selaras, meningkatkan derajat kesehatan dan bahkan mencegah berbagai penyakit.

Berikut ini 5 hal yang membedakan Iyengar yoga dengan jenis yoga yang lain:


1. 
Posenya lebih kompleks. 

Iyengar yoga  membutuhkan kemahiran dan fleksibilitas yang lebih dibanding dengan jenis yoga yang lain. Seringkali, asana harus diajarkan dan dibimbing secara ketat oleh seorang guru yang terlatih.


2. 
Anda harus menahan/melakukan satu persatu pose dalam waktu yang lebih lama.

Ketika berlatih Iyengar yoga, Anda dituntut untuk melakukan satu pose lebih lama dibanding ketika Anda melakukan pose yang sama pada jenis yoga yang lain.

Ini karena BKS Iyengar percaya, jika kita mampu menahan satu pose dalam waktu yang lebih lama, manfaat kesehatan yang akan kita raih akan lebih optimal.

Menurut prinsip-prinsip Iyengar yoga, ketika kita masuk ke sebuah pose, tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri untuk menjadi stabil dalam pose tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com