Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ini Bantu Hubungan Tetap Sehat dan Bergairah

Kompas.com - 22/02/2016, 20:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Gairah merupakan salah satu elemen cinta yang dinilai cenderung memudar dalam sebuah hubungan jangka panjang. Tetapi para ilmuwan mengatakan itu bisa dihindari. Untuk mendapatkan tip terbaik, peneliti menganalisa 39.000 pasangan dari Chapman University, California State University, Los Angeles, Sonoma State University, dan Indiana University.

Para responden merupakan pasangan yang sudah menikah atau hidup bersama setidaknya selama tiga tahun.

Setelah mengamati kebiasaan mereka, peneliti menemukan bahwa pasangan yang melakukan lebih banyak komunikasi di tempat tidur, memiliki gairah lebih besar dalam hubungan, ketimbang mereka yang jarang atau tidak melakukannya.

Selama penelitian, pasangan diminta untuk menilai kepuasan seksual mereka dalam enam bulan pertama hubungan, lalu mereka juga diminta untuk menilai kepuasan seksual yang didapatkan akhir-akhir ini.

Tidak mengejutkan, para ilmuwan menemukan bahwa 83 persen pasangan merasa puas secara seksual dalam enam bulan pertama hubungan mereka, tetapi hanya setengah dari pasangan yang mengatakan kalau kepuasan itu bertahan hingga sekarang.

Para peneliti kemudian menggali lebih dalam tentang kebiasaan para pasangan yang mengaku mendapatkan kepuasan setelah bertahun-tahun bersama dan menemukan beberapa kecenderungan menarik.

Peneliti menemukan, selain melakukan hubungan intim lebih sering, berikut beberapa kebiasaan yang dapat membantu menjaga kehangatan gairah:

  • Berpelukan dan berciuman selama hubungan intim.
  • Berbagi tawa saat di tempat tidur.
  • Sering memuji pasangan.
  • Mengungkapkan keinginan dalam hubungan intim.
  • Menanyakan kepuasan pasangan.
  • Berani mencoba posisi baru dan berfantasi bersama-sama.
  • Mengatur suasana hati di ruang tidur dengan menyalakan lilin, aromaterapi, atau memutar musik.
  • Mereka mengatakan "aku mencintaimu" lebih sering.
  • Sesekali mengirimkan pesan penuh gairah di siang hari.

Rekan penulis studi David Frederick, PhD, asisten profesor di Chapman University, mengatakan kepada Yahoo Health, "Ketika pria dan wanita cukup terbuka dalam mengungkapkan keinginan dan secara proaktif melakukan hubungan intim, itu bisa meningkatkan kepuasan seksual secara signifikan, yang terkait dengan kepuasan secara keseluruhan dalam hubungan mereka.”

Terapis perkawinan dan keluarga David Klow, pemilik Skylight Counseling Center di Chicago mengatakan, komunikasi adalah kunci dari semua ini.

"Pasangan yang terhubung dan berkomunikasi lebih mendalam cenderung memiliki kehidupan cinta yang lebih memuaskan," katanya.

Hampir 75 persen pasangan yang merasa puas secara seksual mengatakan "aku mencintaimu" saat berhubungan intim dan Klow mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting untuk dicatat. Sementara itu, kemampuan untuk tertawa di tempat tidur juga bisa meningkatkan gairah.

"Pasangan yang bisa bersenang-senang bersama-sama, tampaknya memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapati kehidupan cinta yang memuaskan."

Klow mengakui bahwa hal itu tidak selalu mudah untuk dilakukan, terutama karena kesibukan di kantor, mengurus anak-anak, atau pekerjaan rumah tangga yang bisa mengambil fokus hubungan intim. Namun, ia menekankan bahwa menjaga gairah sangatlah penting.

"Anda juga perlu memprioritaskan hubungan intim yang menyenangkan dengan pasangan untuk memiliki kehidupan cinta yang memuaskan dalam jangka panjang.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com