Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2016, 12:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda melihat pertumbuhan sedikit daging pada kulit Anda yang menggoda untuk dicabut, mungkin Anda memiliki kulit tumbuh. Benjolan kecil di kulit ini disebut "acrocordon" atau "skin tag" oleh dermatologists. Untungnya, mereka tidak berbahaya, tapi bisa menjadi sangat mengganggu jika Anda tidak suka melihatnya.

"Skin tag sering tumbuh di daerah gesekan seperti di leher, bawah lengan, dan pangkal paha. Diduga penyebabnya adalah iritasi akibat gesekan kulit atau pakaian," kata Bruce Katz , MD, dermatolog di New York City.

Anda mungkin bisa menyalahkan orangtua, karena ini biasanya bersifat genetik. Orang gemuk memiliki risiko yang lebih tinggi. Anda mungkin bisa hanya memiliki satu atau beberapa tapi mereka juga dapat tumbuh sebagai sebuah kelompok kecil.

Skin tag adalah kejadian umum, terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Skin tag akan mudah dihilangkan di dokter kulit dengan anestesi lokal dan pembedahan cepat menggunakan gunting khusus. Atau menggunakan tehnik pembekuan cepat dan pemanasan (cauterizing).

Lewat metode ini, hampir dapat dipastikan tidak akan meninggalkan tanda. Skin tag juga tidak tumbuh kembali di tempat sama, tapi selalu ada kemungkinan munculnya skin tag baru di bagian tubuh lain.

Bila Anda merasa tidak terganggu, lebih baik coba untuk melupakannya. Jika di kemudian hari ada perubahan dalam penampilan atau pertumbuhannya, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com