Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Lebih Muda dan Menarik dengan Metode Transfer Lemak

Kompas.com - 28/04/2016, 20:30 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Berkurangnya elastisitas kulit dan penurunan volume wajah bisa membuat penampilan terlihat tua. Kini ada metode mengembalikan keremajaan kulit dengan metode transfer lemak.

Transfer lemak, menurut dr.Danu Mahandaru, Sp.BP-RE, merupakan metode "pengisian" bagian tubuh yang volumenya mulai berkurang. Misalnya saja, bagian kantong mata atau kehitaman di area mata, memancungkan hidung, hingga menambah volume payudara dan bokong.

"Dokter akan mengambil lemak dari bagian tubuh kita sendiri, lalu memindahkannya sebagai isian pada daerah-daerah yang cekung. Metode ini akan memberikan hasil mirip operasi plastik," kata dr.Danu dalam diskusi dengan media di Jakarta (28/4/16).

Metode transfer lemak pada dasarnya bukan sesuatu yang baru dalam perawatan kecantikan nonbedah. Namun, saat ini metodenya menjadi lebih mutakhir sehingga hasilnya juga lebih baik.

Dijelaskan oleh dr.Danu, saat ini metode yang dipakai adalah water jet fat transfer. "Lemak dari bagian tubuh akan ditarik menggunakan jarum khusus dan membuat semacam kolam air di lemak sehingga tidak terasa nyeri. Kelebihan lainnya lemak yang diambil kualitasnya lebih baik atau lemak hidup," katanya.

Lemak hidup tersebut harus cepat-cepat dikembalikan atau ditransfer ke dalam kulit. Karena lemak yang diambil itu hidup, maka ia akan berikatan dengan jaringan tubuh sehingga menempel dengan baik dan hasilnya lebih permanen.

"Kalau metode yang dulu, lemak yang diambil bukan yang murni sehingga mati. Akibatnya bagian yang diisi cepat menyusut lagi. Jadi harus dilakukan transfer lemak berulang setelah 3 bulan," kata dokter spesialis bedah plastik dari RS Pondok Indah Jakarta ini.

Selain untuk estetika, prosedur transfer lemak juga bisa dimanfaatkan untuk rekonstruksi. Misalnya saja pasca kecelakaan, pasien bell's palsy, penyembuhan luka diabetes, hingga pasien osteoartritis.

Menurut dr.Danu, penyembuhan luka dengan transfer lemak dimungkinkan karena lemak yang dipakai adalah lemak hidup sehingga ia bisa mengaktifkan sel-sel punca untuk meregenersi jaringan di sekitarnya.

Metode transfer lemak relatif aman karena menggunakan lemak yang berasal dari tubuh sendiri. "Metode ini juga bisa dikombinasikan dengan sedot lemak atau liposuction," ujarnya.

Untuk melakukan metode ini, siapkan dana sekitar Rp 15-50 juta, tergantung pada organ tubuh mana yang akan diisi. Prosedurnya pun singkat, sekitar 30 menit - 2 jam, dengan pembiusan lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com