Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2016, 10:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kulit berjerawat? Tak ingin menggunakan produk pembasmi jerawat dengan berbagai zat kimia di dalamnya? Ramuan alami bisa jadi pilihan untuk menyembuhkan masalah jerawat. Namun, hati-hati, tak semua ramuan alami ampuh membasmi jerawat. Temukan jawabannya berikut ini.

 

1. Mengubah Pola makan Anda
Ampuh atau tidak? Ya!

"Nutrisi yang masuk mulut Anda, hasilnya akan muncul pada kulit Anda," kata Jessica Wu, MD, dermatolog di Los Angeles, dan penulis Feed Your Face. Dia juga mengatakan, sayangnya tidak cukup banyak penelitian untuk menentukan jenis makanan apa yang benar-benar bisa memicu jerawat pada semua orang.

Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, kurangi makanan dengan indeks glikemik tinggi dan susu, saran Diane Madfes, MD, seorang dokter kulit dan instruktur klinis di Mount Sinai Medical Center.

Namun, kedua jenis makanan tersebut tidak selalu menyebabkan jerawat pada semua orang. Perbanyak makanan penuh asam lemak omega-3 sebagai anti peradangan, seperti ikan laut, Wu menyarankan.


2. Masker eksfoliasi dari tanah liat
Ampuh atau tidak? Ya!

Masker tanah liat dapat membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori, kata Alicia Zalka, MD, dermatolog di Connecticut.

Masker ini pilihan terbaik bagi orang-orang dengan kulit sensitif dan berjerawat dibandingkan masker asam salisilat atau glikolat, yang dapat menyebabkan iritasi.


3. Ekstrak teh hijau
Ampuh atau tidak? Ya!

Anda tahu bahwa minum teh hijau dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu menghambat aktivitas sel-sel penghasil minyak di kulit Anda, kata Wu.

"Kompresan teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan jerawat," katanya. Celupkan kain lap tipis ke dalam teh hijau dingin, peras, tekan dengan lembut pada daerah yang berjerawat selama 1-2 menit, dan ulangi 4-5 kali per sesi. Lakukan beberapa kali seminggu, atau malam hari.

 

4. Alkohol
Ampuh atau tidak? Tidak!

"Banyak orang dengan kulit berminyak mengatakan bahwa alkohol bisa menyingkirkan minyak," kata Zalka.

Alkohol memang bertindak sebagai antiseptik dan akan menghilangkan minyak di permukaan kulit dan sel-sel kulit mati. Namun, alkohol terlalu keras dan mengeringkan kulit. Walhasil, alkohol dapat menyebabkan peradangan dan bahkan membuat jerawat berwarna lebih kemerahan.


5. Belerang
Ampuh atau tidak? Ya!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com