Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2016, 10:40 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara memiliki umur yang panjang karena tubuh sehat adalah dengan memperhatikan pola makan. Makanan golongan serelia utuh (whole grain) disarankan dikonsumsi setiap hari.

Serelia utuh, seperti oatmeal, barley, atau pun roti dari bulir gandum utuh, bisa menjadi pilihan karbohidrat dan juga sumber serat.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan serelia utuh bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan juga kadar lemak tubuh.

Ada beberapa komponen dalam serelia utuh yang menyebabkan makanan ini menyehatkan. Serat misalnya, akan membuat perut kenyang lebih lama dan menurunkan kolesterol. Magnesium juga memperbaiki sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan antioksidan di dalamnya juga melawan stres oksidatif.

Para ahli juga menyarankan agar kita mengganti karbohidrat yang dihaluskan seperti terigu atau nasi putih.

Penelitian terbaru juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi paling tidak tiga sajian serelia utuh memiliki umur lebih panjang. Pola makan tersebut juga menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, serelia utuh dianggap sebagai makanan yang tidak menarik karena rasanya hambar. Padahal, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan yang kaya rasa. Misalnya saja menggantikan beras dalam bubur ayam, atau mencampurkannya dengan sayur-sayuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com