Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Mangga Terbukti Mencegah Obesitas dan Diabetes

Kompas.com - 13/09/2016, 09:55 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Buah mangga yang saat ini sedang musim tampaknya akan naik daun menjadi superfood. Riset menemukan bahwa mangga dapat mencegah obesitas dan diabetes tipe 2.

Buah itu ditemukan dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang dapat mengusir obesitas dan diabetes. Studi menemukan, memakan buah mangga dapat mencegah kehilangan bakteri baik di usus yang disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak.

Bakteri spesifik di saluran cerna mungkin berperan dalam terjadinya obesitas dan komplikasinya seperti diabetes tipe 2.

Dalam studi di Oklahoma State University itu 60 tikus diberi satu dari empat kelompok jenis diet selama 12 pekan. Ada juga kelompok kontrol di mana 10 persen kalori yang dikonsumsi adalah lemak, kelompok tinggi lemak di mana 60 persen kalori dari lemak atau kelompok diet tinggi lemak di mana satu atau 10 persen adalah mangga.

Semua diet tinggi lemak mengandung mikronutrisi yang sama, kalsium, fosfor, dan serat. Ketika sampel dibandingkan dari awal sampai akhir periode penelitian, mereka yang diberi mangga kehilangan paling sedikit bakteri baik di usus yang sering disebabkan oleh diet tinggi lemak.

"Mangga adalah sumber serat yang baik dan dilaporkan dalam studi-studi sebelumnya mengandung sifat anti abesogenik, hipoglikemik, dan imunomodulator," kata Prof Edralin Lucas. "Hasil studi pada hewan ini membuktikan mengonsumsi mangga membantu menjaga dan mengatur kesehatan usus dan kadar bakteri baik di dalamnya," tambahnya.

Riset tersebut diterbitkan di Journal of Nutrition. Penelitian itu ditugaskan oleh National Mango Board yang mempromosikan konsumsi buah itu di AS. Hasil penelitian ini menambah bukti bahwa buah asal Asia Tenggara itu memiliki beragam kandungan yang menyehatkan.

Studi-studi sebelumnya menemukan, senyawa dalam mangga memiliki kandungan antiradang dan kandungan seratnya yang membantu pencernaan. Satu porsi mangga kaya antioksidan dan memiliki 20 vitamin dan mineral serta kaya akan serat. Namun, manfaat mangga untuk kesehatan bakteri baik belum pernah diteliti sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com